Tempat Wisata di Solo

Surakarta atau yang lebih akrab dengan sebutan kota Solo merupakan salah satu kota kecil yang cukup populer di telinga masyarakat luas. Kota yang kental dengan kearifan lokal dan adat budaya Jawa ini bukan hanya menyuguhkan deretan destinasi wisata kuliner yang menggugah selera saja. Namun, terdapat pula deretan objek wisata Solo yang layak untuk dikunjungi ketika memiliki kesempatan bertandang ke Surakarta. Mulai dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah, wisata edukasi serta wisata alam tersedia lengkap di kota kelahiran Presiden Republik Indonesia saat ini.

Tak perlu perjuangan yang ekstra untuk menjangkau semua destinasi wisata hits di kota Solo. Pasalnya kota ini memiliki rute yang dapat dilalui oleh banyak transportasi umum. Maka tak heran terlepas dari segala pesona yang disuguhkan, hal tersebut juga menjadi alasan kuat mengapa Surakarta selalu ramai dipadati oleh banyak wisatawan, baik domestik hingga mancanegara sekalipun.

Nah bagi Anda yang ingin menghabiskan masa liburan di kota solo sembari dengan segala suguhan wisatanya yang kental dengan sejarah dan budaya Jawa, tak perlu khawatir. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami hendak berbagi informasi seputar tempat liburan di Solo paling hits yang wajib Anda sambangi bersama rombongan. Lalu mana sajakah spot wisata tersebut? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda simak dengan seksama.

Tempat Wisata Hits di Solo Paling Populer

Pandawa Water World

Pandawa Water World - Tempat Wisata Di Solo
Pandawa Water World – Sumber foto @angelicallista29

Explore Solo, tak lengkap rasanya jikalau belum menyambangi Pandawa Water World yang berada di Jl. Cernara Raya, Solo Baru. Tempat wisata keluarga di Solo yang menyuguhkan beraneka macam wisata air ini akan memberikan sensasi pengalaman yang berbeda. Meskipun dibandrol dengan biaya retribusi yang sedikit mahal yaitu Rp. 80.000 – Rp. 100.000, namun objek wisata yang beroperasi setiap hari ini menjadi kawasan wisata yang cukup populer di Solo.

Taman Balekambang

Taman Balekambang - Tempat Wisata Di Solo
Taman Balekambang – Sumber foto @dek_iimaa

Bingung mencari tempat rekreasi di Solo yang ramah lingkungan dan mengasyikan? Tenang saja, Taman Balekambang dapat menjadi jawaban sekaligus solusi yang paling tepat. Taman yang berdiri ditanah seluas 10 hektar ini dapat Anda jadikan sebagai tempat bersantai sembari melepas penat berkat suasanannya yang segar dan alami. Tanpa harus membayar tiket masuk, Anda sudah dapat menikmati seluruh fasilitas objek wisata yang ada di Jalan Balekambang, No.1, Manahan, Banjarsari, Solo ini. Biasanya tempat ini dijadikan tempat nongkrong di Solo bagi anak muda setempat diwaktu malam hari.

Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta - Tempat Wisata Di Solo
Keraton Kasunanan Surakarta – Sumber foto @arudewangga

Museum Keraton Kasunanan Surakarta memang menjadi tempat wisata di Surakarta yang syarat dengan nilai edukasi sejarah dan budaya Jawa. Bangunan bersejarah yang didirikan oleh Pakoe Boewono II pada tahun 1745 ini merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan koleksi benda-benda bersejarah.

Adapun koleksinya mulai dari wayang kulit, keretan kecana hingga berbagai macam senjata. Nah bagi Anda yang ingin plesiran sembari belajar sejarah silahkan bertandang ke Kelurahan Baluwarti, Pasar Kliwon, Surakarta dengan membayar retribusi sebesar Rp. 8000 – Rp. 15.000.

Taman Sriwedari

Taman Sriwedari - Tempat Wisata Di Solo
Taman Sriwedari – Sumber foto @am_ralf

Konon sebelum menjadi objek wisata, dulunya salah satu tempat hits di Solo ini merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Bahkan pada tahun 1948 silam, taman yang kini digunakan sebagai tempat berlangsungnya malam selikuran ini, menjadi lokasi penyelenggaraan PON I. Tetapi kini taman yang berada di Jl. Slamet Riyadi, No.275, Sriwedari, Laweyan, Solo ini menjadi spot wisata umum yang murah meriah dengan biaya retribusi Rp.3000 saja.

Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran - Tempat Wisata Di Solo
Museum Purbakala Sangiran – Sumber foto @noer_bintiwignyotaruna

Wisata edukasi segala usia yang berada di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen, Solo ini merupakan museum purbakala yang menyuguhkan 13.000 buah koleksi fosil dengan usia jutaan hingga ratusan tahun lamanya. Selain itu tempat wisata di Solo yang mematok tarif masuk Rp. 5000 ini juga menyimpan fosil tumbuhan, hewan hingga alat hidup yang digunakan ketika masa pra sejarah silam.

Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional - Tempat Wisata Di Solo
Monumen Pers Nasional – Sumber foto @rul.f_

Sesuai dengan namanya, bangunan bersejarah yang berada di Jl. Gajah Mada 59, Surakarta ini merupakan tempat liburan bersejarah di kota Solo yang digunakan untuk menyimpan koleksi koran lama, majalah hingga benda pers dari tahun-tahun awal kemerdekaan. Spot wisata gratis di Solo ini telah dilengkapi dengan fasilitas menarik, seperti perpustakaan, koran gratis hingga ruang multimedia yang berfungsi.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman - Tempat Wisata Di Solo
Kampung Batik Kauman – Sumber foto @sirojul_mza

Bagi Anda yang ingin plesiran sekaligus berbelanja, sepertinya Kampoeng Batik Kauman yang terletak di Jl. Cakra, Kauman, Pasar Kliwon, Solo ini wajib Anda sambangi. Kawasan sentra kerajinan batik paling populer di kota Solo ini bukan hanya menyuguhkan pilihan kain batik dengan berbagai motif saja. Namun Anda juga dapat belajar membatik sekaligus melihat langsung proses pembuatan batik kauman. Motifnya yang unik dan harga yang murah membuatnya menjadi oleh-oleh incaran para wisatawan sekaligus menjadi destinasi wisata Solo paling hits.

Tugu Lilin Solo

Tugu Lilin Solo - Tempat Wisata Di Solo
Tugu Lilin Solo – Sumber foto @mlampahsolo

Ingin menyalurkan hobi fotografi, namun bingung mencari tempat foto di Solo yang unik dan fotogenik? Coba kunjungi land mark kota solo bertajuk Tugu Lilin yang berada di Jl. Dr. Wahidin Sudiro, Husodo, Solo. Icon kota Solo yang menjadi primadona para fotografer ini dibangun sebagai pengingat 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo.

Tak heran jikalau bangunan bersejarah ini sarat akan makna pengabdian serta semangat perjuangan melawan penjajahan. Struktur bangunananya yang megah dan didukung dengan pemandangannya yang fotogenik, rasanya objek wisata gratis dio Solo ini cocok untuk menyalurkan hasrat Anda.

Taman Satwa Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug - Tempat Wisata Di Solo
Taman Satwa Taru Jurug – Sumber foto @azzanuha

Tak kalah dengan kota-kota besar lainnya yang ada di Indonesia, Solo juga memiliki wisata edukasi yang ramah lingkungan bagi semua kalangan bertajuk Taman Satwa Taru Jurug. Objek wisata yang berada di Jalan Ir. Sutami No.40, Kentingan, Jebres, Surakarta ini memiliki koleksi binatang lokal dan internasional yang terbilang sangat lengkap dengan sektor keamanan yang terjamin. Saat masa liburan atau akhir pekan tiba, tempat wisata di Solo ini hanya mematok tarif masuk sebesar Rp. 6000 ini selalu ramai dipadati wisatawan dari berbagai daerah.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu - Tempat Wisata Di Solo
Grojogan Sewu – Sumber foto @aryfirst

Kota yang memiliki tingkat kesibukan padat layaknya Jakarta ini, bukan hanya memiliki potensi wisata yang kental dengan sejarah dan kuliner saja. Tetapi Surakarta juga memiliki tempat wisata alam yang cocok sekali dijadikan sebagai tempat melepas penat, salah satunya adalah Gerojokan Sewu.

Tempat wisata di Tawangmangu, tepatnya berada di Kabupaten Karanganyar ini menyuguhkan pesona air terjun yang memiliki debit cukup deras. Udaranya yang sejuk serta pemandangannya yang indah spot wisata alam Solo ini selain digunakan untuk bersantai juga kerap dipilih sebagai background berfoto. Nah bagi yang berkenan menyambangi wisata ini cukup membayar 18.000 saja sebagai tiket masuk.

Meskipun tergolong sebagai kota kecil, nyatanya Solo menyimpan segudang destinasi wisata yang terbilang lengkap dan layak untuk disambangi. Setelah membaca ulasan tersebut diatas, apakah Anda berminat untuk melancong ke Solo? Nah itulah tadi ulasan menarik seputar tempat wisata di Solo paling hits yang bisa Anda sambangi ketika bertandang ke Surakarta. Semoga bermanfaat, terima kasih. Selamat liburan.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!