Tempat Wisata di Purwakarta

Bosan dengan hiruk pikuk kesibukan aktivitas setiap harinya? Mungkin Anda perlu meluangkan waktu sebentar untuk sejenak berekreasi melepas penat dan lelah. Meskipun nampak sepele, nyatanya kegiatan liburan ini memberikan dampak yang besar untuk membangkitkan kembali stamina tubuh serta memulihkan kinerja otak. Nah salah satu tempat wisata yang paling asik untuk menjadi tujuan destinasi wisata adalah Purwakarta. Kota yang berada di wilayah Jawa Barat ini menyimpan segudang spot wisata menarik yang wajib untuk disambangi.

Terlebih beberapa tempat wisata di Purwakarta ini terbukti sangat efektif sekali untuk merefresh stamina dan otak supaya kembali optimal. Lantas mana sajakah destinasi wisata Purwakarta yang paling populer untuk refresing? Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda yang mungkin saja ingin explore kota ini.

Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer untuk Refresing

Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur - Tempat Wisata Di Purwakarta
Waduk Jatiluhur – Sumber foto @iyonyogi2

Jalan-jalan ke Purwakarta tak lengkap rasanya jikalau belum menyambangi salah satu tempat rekreasi di Purwakarta terfavorit yang bertajuk Waduk Jatiluhur ini. Bukan hanya menjadi icon kota Purwakarta saja, waduk serbaguna yang berada di Kutamanah, Sukasari, Purwakarta ini juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sarana irigasi, budidaya ikan, pembangkit listrik hingga tempat rekreasi bagi wisatawan. Untuk menikmati seluruh wahana air di waduk yang memiliki luas 8.300 hektar ini Anda cukup membayar Rp. 20.000 sebagai retribusi tiket masuk.

Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan - Tempat Wisata Di Purwakarta
Giri Tirta Kahuripan – Sumber foto @she_lee28

Giri Tirta Kahuripan nampaknya menjadi rekomendasi tempat liburan di Purwakarta selanjutnya bagi para traveler. Pasalnya destinasi wisata berupa kompleks cottage ini menawarkan ragam wahana wisata yang sangat menarik. Selain itu, Anda juga dapat berenang sembari menikmati pesona pemandangan alam yang menakjubkan berkat adanya kolam renang yang didesain ala skypool.

Tempat wisata di Wanayasa tepatnya di Desa Tarianggul Tonggoh RT 13/04, Wanayasa Purwakarta ini hanya membandrol tarif masuk sebesar Rp. 75.000 saja perorangnya. Tak heran jikalau setiap masa liburan tiba kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga - Tempat Wisata Di Purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga – Sumber foto @susantimaulana

Taman Air Mancur Sri Baduga merupakan icon sekaligus tempat wisata baru di Purwakarta paling hits dan wajib untuk dikunjungi ketika plesiran ke Purwakarta. Spot wisata kolam dengan beberapa pancaran air mancur yang dipadukan dengan sentuhan light effect ini sangat memukau siapapun yang melihatnya.

Tak heran jikalau tempat wisata gratis yang terletak di Jalan Lodaya Kp. Baru No.46, Nagri Kidul, Purwakarta ini selalu dipenuhi para pengunjung ketika malam tiba. Terlebih tak ada tarif khusus yang harus dibayarkan untuk menjamah salah satu tempat wisata malam Purwakarta ini.

Waduk Cirata

Waduk Cirata - Tempat Wisata Di Purwakarta
Waduk Cirata – Sumber foto @marzzh.a

Ingin melihat panorama pegunungan di kota Purwakarta? Tenang saja, Waduk Cirata dapat menjadi jawaban yang pas atas keinginan Anda tersebut. Pasalnya objek wisata berupa panorama alam yang terdapat di Cipeundeuy, Purwakarta ini menyuguhkan pesona keindahan deretan pegunungan yang sangat menawan.

Selain bersantai, Anda juga dapat berjalan menyusuri bendungan sembari menikmati udaranya yang sejuk. Untuk menikmati pesona serta keindahan spot wisata ini Anda tak harus membayar uang sepeserpun, sebab pengelola tak mematok tarif apapun kepada para pengunjung.

Gunung Bangkok

Gunung Bangkok - Tempat Wisata Di Purwakarta
Gunung Bangkok – Sumber foto @suryomulyo6

Nah jika Anda ingin menyalurkan hobi hiking sembari menyaksikan indahnya kota Purwakarta dari atas ketinggian silahkan luangkan waktu untuk bertandang ke Gunung Bangkok. Objek wisata yang berada di Cisarua, Tegal Waru, Purwakarta ini menyuguhkan rangkaian pemandangan alam kota Purwakarta dari atas ketinggian yang berpadu dengan udara yang sejuk dan segar. Tanpa harus membayar tiket masuk Anda bebas mengajak teman untuk menikmati pesona alam yang disuguhkan oleh objek wisata cantik satu ini.

Sentra Keramik Plered

Sentra Keramik Plered - Tempat Wisata Di Purwakarta
Sentra Keramik Plered – Sumber foto @florens_stories

Berburu oleh-oleh memang kegiatan yang paling pas untuk mengakhiri kegiatan traveling Anda bersama orang-orang terkasih. Nah pusat oleh-oleh di Purwakarta hasil kolaborasi pemerintah dengan masyarakat yang kini menjadi tempat wisata di Purwakarta adalah sentra industri keramik plered. Banyak sekali hasil kerajinan tangan berbahan dasar keramik yang dapat Anda temukan disini. Mulai dari gerabah, porselin, aneka kerajinan keramik hingga patung sekalipun. Jika Anda berminat menyambangi pusat oleh-oleh unik ini ini secara gratis silahkan bertandang ke Desa Anjun, Citeko, Plered, Purwakarta.

Curug Cipurut

Curug Cipurut - Tempat Wisata Di Purwakarta
Curug Cipurut – Sumber foto @yans_7

Sesuai dengan namanya, objek wisata berupa air terjun yang berada di Babakan, Purwakarta ini menyuguhkan indahnya pesona air terjun dengan gemericik airnya yang segar. Kawasan wisata yang juga kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong di Purwakarta sembari menikmati udaranya yang sejuk ini memiliki suhu air yang segar. Nah jadi bagi Anda yang ingin bersantai dan merasakan sensasi segarnya air terjun ini cukup membayar Rp. 3000 saja sebagai tiket masuk.

Air Panas Ciracas

Air Panas Ciracas - Tempat Wisata Di Purwakarta
Air Panas Ciracas – Sumber foto @arkananta_rafasya_agusti

Wisata alam Purwakarta selanjutnya yang wajib Anda sambangi adalah pemandian air panas Ciracas. Selain murah karena hanya dipatok Rp. 10.000 saja sebagai biaya masuk, kolam air panas yang berasal dari sumber mata air panas alami ini juga memiliki khasiat yang dipercaya bagus untuk mengobati penyakit kulit. Terlepas dari segala manfaatnya, tempat wisata Purwakarta yang berada di Wanayasa, Purwakarta ini juga didukung oleh udara serta pemandangannya yang eksotis. Tak heran jikalau setiap masa liburan tiba, kawasan ini selalu disesaki oleh banyak wisatawan.

Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta - Tempat Wisata Di Purwakarta
Taman Batu Purwakarta – Sumber foto @biila___

Taman batu Purwakarta ini merupakan sebuah desa yang menyuguhkan pemandangan alam yang tak biasa. Pasalnya desa yang berada di kawasan Gunung Parang tepatnya di Pesanggrahan, Tegal Waru, Purwakarta ini menyuguhkan hamparan bebatuan yang tersebar di beberapa titik di wilayah tersebut.

Melihat potensi tersebut, akhirnya desa ini disulap menjadi kawasan wisata yang telah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan menarik. Mulai dari hiking, panjat tebing hingga offroad tersedia lengkap disini untuk menguji adrenalin Anda. Guna menikmati seluruh wahana permainan yang menguji adrenalin tersebut Anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000.

Gua Jepang dan Gua Belanda

Gua Jepang - Tempat Wisata Di Purwakarta
Gua Jepang – Sumber foto @rizkiai1803

Situs bersejarah peninggalan penjajahan bangsa Belanda dan Jepang yang berada di Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta ini merupakan saksi bisu atas kekejaman bangsa Belanda dan Jepang saat masa penjajahan silam.

Dulunya, wilayah yang kini dijadikan sebagai tempat liburan di Purwakarta oleh pemerintah setempat ini merupakan kawasan pusat aktivitas masyarakat pribumi yang dipaksa untuk melakukan kerja paksa. Nah untuk masuk dan melihat-lihat keadaan gua Jepang dan gua Belanda ini Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 7.500 saja perorangnya.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan malam di kota ini, tenang saja masih banyak sekali deretan objek wisata di Purwakarta yang bisa Anda sambangi dengan daya tarik tersendiri. Nah itulah referensi menganai 10 tempat wisata di Purwakarta paling populer untuk referensing yang dapat kami informasikan untuk seluruh pembaca yang budiman. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru untuk Anda. Terima kasih dan selamat berlibur.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!