Tempat Wisata di Palangkaraya

Jalan-jalan ke Provinsi Kalimantan Tengah tak lengkap rasanya jikalau tidak meluangkan waktu sejenak untuk menjamah keindahan potensi pariwisata Palangkaraya kota cantik ini. Ya salah satu kota yang keberadaanya cukup populer ini hadir dengan suguhan pariwisata yang beranekaragam dengan keunikan dan daya tarik tersendiri. Kekayaan wisatanya tersebut tak lain dan tak bukan adalah berkat dukungan kontur wilayah dan letak geografisnya yang sedemikian rupa.

Sama layaknya tempat wisata di Kalimantan Tengah lainnya yang banyak tersebar di berbagai kota, Palangkaraya juga memiliki potensi pariwisata yang terbilang komplit. Mulai dari wisata almnya yang mampu menghipnotis ribuan pasang mata, wisata sejarahnya yang kental dengan adat istiadat dan budaya hingga wisata kulinernya yang menjadi buah tangan sanak keluarga dirumah.

Tertarik menjamah dan mengeksplor keindahan wisata Palangkaraya? Barangkali referensi spot wisata Palangkaraya dibawah ini bisa menjadi rekomendasi sekaligus alternatif untuk disambangi. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

Objek Wisata Kota Palangkaraya yang Terbaik Wajib Dikunjungi

Taman Nasional Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Raya - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Taman Nasional Bukit Raya – Sumber foto @tapak_borneo

Taman Nasional Bukit Raya memang menjadi tujuan tempat wisata di kota Palangkaraya yang pertama kali wajib dikunjungi. Pasalnya kawasan wisata ini bukan hanya menyuguhi deretan flora dan fauna langka yang beraneka ragam saja ditengah-tengah perbukitan yang hijau dan rindang.

Namun, terdapat pula suku Dayak yang masih berdiam di kawasan Taman Nasional ini. Untuk menjangkau wisata yang berada di Rantau Malam, Kecamatan Serawi, Sintang ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 dan melewati jalur yang menantang karena medannya yang cukup terjal.

Danau Tahai

Danau Tahai - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Danau Tahai – Sumber foto @joshuafavian

Selain Taman Nasional, rasanya Danau Tahai Palangkaraya menjadi destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda sambangi saat melancong ke kota Palangkaraya. Objek wisata yang memiliki tampilan unik dengan warna merah pada air danaunya ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tak hanya itu adanya jembatan yang menjadi jalan penghubung ke hutan serta beberapa rumah penduduk yang mengapung di sekitar danau semakin membuat pesona Danau Tahai ini semakin elok dan semarak. Lokasinya yang fotogenik membuat objek wisata gratis yang berada di Desa Tahai, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Palangkaraya ini menjadi spot foto paling favorite para wisatawan.

Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Bukit Tangkiling – Sumber foto @__sulvialeonisa

Ingin menyaksikan keindahan alam raya kota Palangkaraya secara menyeluruh? Datang saja ke objek wisata Palangkaraya bertajuk Bukit Tangkiling yang lokasinya berada di Kecamatan Bukit Baju, kota Palangkaraya.

Sesuai namanya destinasi wisata terbaik di kota Palangkaraya ini merupakan sebuah perbukitan yang menyuguhi pemandangan bentang alam kota Palangkaraya berdinding pegunungan dan perbukitan yang hijau dan menakjubkan. Maka tak heran jikalau kawasan wisata bertarif Rp. 10.000 ini menjadi spot hunting dan berswafoto idaman bagi para wisatawan.

Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Jembatan Kahayan – Sumber foto @amaliya_3

Tak susah memang mencari tempat hunting di Palangkaraya yang instagramabel dan fotogenik sebagai lokasi berswafoto. Salah satunya adalah Jembatan Kahayan yang keberadaannya juga menjadi icon kota Palangkaraya. Jembatan iconic yang lokasinya berada di Jl. Kapten Piere Tendean, Palangkaraya ini merupakan jalan penghubung antara kota Palangkaraya dengan Kelurahan Pandut Seberang.

Namun berkat keindahannya, menjadikan beberapa wisatawan sengaja singgah untuk berswafoto dengan latar belakang megahnya Jembatan Kahayan ini, terlebih untuk menjangkaunya Anda tak perlu membayar retribusi khusus.

Pulau Kaja

Pulau Kaja - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Pulau Kaja – Sumber foto @dominiquediyose

Selain Tanjung Putting dan Arboretum yang menjadi habitat alami kumpulan orang utan, Pulau Kaja juga sering disebut sebagai rumahnya orangutan yang berada di Kalimantan. Jadi tak heran jikalau tempat wisata di Palangkaraya ini sangat rindang sekali dengan deretan pepohonan yang menjulang tinggi.

Nah bagi Anda yang berkenan untuk menikmati suguhan pesona yang ditawarkan oleh Pulau Kaja ini harus menyewa perahu nelayan bertarif Rp. 300.000 terlebih dahulu, sebab untuk menjangkaunya haruslah menyebrangi sungai.

Sungai Batu Sei Gohong

Sungai Batu Sei Gohong - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Sungai Batu Sei Gohong – Sumber foto @lita_theresia

Beberapa orang memang menginginkan sensasi pengalaman yang berbeda untuk menikmati suguhan wisata air kebanggaan suatu wilayah tertentu. Begitu pula dengan kota Palangkaraya yang juga menyajikan wahana wisata air arung jeram yang lokasinya berada di aliran sungai Batu Sei Gohong.

Selain indah karena dikelilingi perbukitan yang hijau dan rindang, sungai Batu Sei Gohong ini juga populer dengan aliran airnya yang deras dengan bebatuan yang besar sehingga cocok sekali dijadikan arena bermain arung jeram.

Kawasan yang didapuk sebagai tempat wisata di Palangkaraya terbaik ini juga telah dilengkapi dengan sederet fasilitas menarik. Jika Anda berminat menikmati sensasi bermain arung jeram di sungai Batu Sei Gohong ini silahkan berkunjung ke Desa Gohong, Palangkaraya.

Coffe Toffe

Coffe Toffe - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Coffe Toffe – Sumber foto @yudi.photowork

Mengingat kota Palangkaraya hendak didapuk sebagai ibukota negera Indonesia, tentunya tak susah bukan mencari sebuah tempat nongkrong di Palangkaraya yang cocok sebagai tempat hangout. Salah satu tempat hangout terpopuler di kalangan kawula muda adalah Coffe Toffe yang lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Bo.5-6, Langkai, Palangkaraya.

Bagi Anda yang gemar menyeruput kopi sembari bersua dengan teman di malam hari kedai kopi ini cocok sekali untuk Anda sambangi. Terlebih tak hanya aneka kopi saja yang bisa Anda pesan, namun deretan main course yang lezat dan enak juga bisa Anda order dengan harga yang murah dan ramah dikantong anak muda.

Wadi Ikan Patin

Wadi Ikan Patin - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Wadi Ikan Patin – Sumber foto @wadi_patin_plk

Wadi Ikan Patin merupakan olahan ikan patin yang melewati proses fermentasi menggunakan garam, sehingga membuat citrasa ikan tersebut menjadi asam dan asin. Nantinya ikan patin yang telah selesai melewati proses fermentasi, akan diolah dengan cara digoreng maupun dikukus.

Berkat citarasa unik yang dihadirkannya tersebut membuatnya menjadi didapuk menjadi oleh-oleh khas Palangkaraya yang wajib Anda bawa pulang sebagai buah tangan orang-orang dirumah. Olahan ikan patin ini bisa Anda jumpai dengan mudah dipusat-pusat oleh-oleh yang banyak berdiri di pinggir jalan kota Palangkaraya dengan harga yang murah meriah.

Bengamat

Bengamat - Tempat Wisata Di Palangkaraya
Bengamat – Sumber foto @limaukuit

Berkunjung ke kota Palangkaraya tak lengkap jikalau belum meluangkan waktu sejenak untuk memanjakan lidah dengan sajian wisata kuliner kota Palangkaraya yang menggugah selera. Nah salah satu kudapan khas Palangkaraya yang unik dan wajib untuk dicicipi adalah Bengamat.

Bengamat merupakan olahan daging kelelawar yang telah dibersihkan kemudian dicampur dengan sayur hati pisang. Meskipun bagi beberapa kalangan olahan ini sedikit ekstream, namun menurut testimony beberapa pelanggan konon daging kelelewar ini memiliki banyak sekali khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Nah itulah tadi rekomendasi tempat wisata di Palangkaraya lengkap dengan deretan wisata kulinernya yang wajib Anda cicipi. Untuk menjawab rasa penasaran Anda dengan potensi suguhan yang ditawarkan kota Palangkaaya silahkan atur jadwal dan agendakan bersama keluarga dan kerabat untuk melancong ke kota Palangkaraya ini. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!