Tempat Wisata di Pacitan

Definisi liburan yang seru dan menyenangkan adalah bersama-sama mengeksplor keindahan alam kota tertentu bersama keluarga tercinta. Nah salah satu kota yang tak boleh terlewatkan ketika melancong ke Provinsi Jawa Timur adalah kota atau kabupatan Pacitan.

Ya, kota yang kaya akan potensi wisata alam dan wisata bahari yang unik dan eksotis ini ternyata menyimpan sederet potensi wisata lainnya yang mengundang decak kagum bagi siapapun yang melihatnya. Berkat suguhannya tersebut, tak heran jikalau banyak pelancong yang mengagendakan kegiatan explore Pacitan untuk menembus rasa penasaran yang bergejolak.

Suguhan destinasi wisata Pacitan memang tergolong lengkap, mulai dari wisata alam yang mengagumkan, wisata bahari yang indah nan eksotis, wisata sejarah yang kental dengan budaya dan kisah-kisah perjuangan hingga wisata kuliner yang seluruh sajiannya menggugah selera. Nah bagi yang ingin tahu apa saja sajian tempat wisata di Pacitan yang indah dan mengagumkan, berikut selengkapnya.

Deretan Tempat Wisata di Pacitan Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget - Tempat Wisata Di Pacitan
Pemandian Banyu Anget – Sumber foto @ridwansurendra_

Jika Anda melancong ke kota Pacitan jangan lupa luangkan waktu sejenak untuk mempir ke pemandian banyu anget Pacitan yang lokasinya berada di Jl. Arjosari, Banyu Anget, Karangrejo, Pacitan ini. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 8000 saja, Anda sudah bebas berenang di kolam renang yang terisi oleh air hangat.

Konon sumber air hangat yang mengisi kolam renang ini berasal dari perbukitan kapur yang letaknya tak terlalu jauh dari tempat wisata ini. Di dukung dengan suasana yang sangat asri, sejuk dan alami berkat deretan pepohonan yang rindang dan hijau membuat betah berlama-lama berada di spot wisata ini.

Pantai Klayar

Pantai Klayar - Tempat Wisata Di Pacitan
Pantai Klayar – Sumber foto @evvaant

Kota Pacitan memang kaya akan suguhan wisata baharinya yang indah dan membuat decak kagum siapapun yang melihatnya. Nah salah satu suguhan wisata bahari yang tak boleh terlewatkan adalah Pantai Klayar Pacitan. Wisata bahari yang berada di Desa Belah, Kabupaten Pacitan ini memiliki daya tarik berupa seruling laut yang mampu memantik banyak wisatawan untuk menjamahnya.

Seruling laut merupakan bunyi siulan yang terjadi karena pergerakan ombak yang besar dicelah-celah batu besar, sehingga memantulkan bunyi layaknya seruling. Nah bagi yang ingin menyaksikan pesona keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Klayar ini cukup membayar Rp. 5000 – Rp. 7000 sebagai retribusi tiket masuk.

Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria - Tempat Wisata Di Pacitan
Pantai Teleng Ria – Sumber foto @ria_sdewi

Mengingat kontur wilayah serta letak geografisnya yang sedemikian rupa, banyak sekali wisata pantai Pacitan yang bisa Anda sambangi sebagai tujuan destinasi wisata untuk mengisi waktu senggang di akhir pekan atau masa liburan, salah satunya yakni pantai Teleng Ria.

Pantai yang berada di Jl. WR. Supratman, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan ini memiliki penampakan yang sangat indah dengan deretan tebing tinggi yang mengelilinginya. Selain digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga, pantai Teleng Ria ini juga kerap digunakan peselancar untuk bermain surving berkat debit ombaknya yang cukup tinggi. Objek wisata bahari yang beroperasi 24 jam tersebut hanya dibandrol dengan tariff masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

Pantai Taman

Pantai Taman - Tempat Wisata Di Pacitan
Pantai Taman – Sumber foto @alfianfr_

Berbeda dengan wisata pantai lainnya yang ada di kota Pacitan, pantai Taman Pacitan ini bukan hanya menyuguhi pesona pantai yang eksotis dan memukau saja. Namun pengelola sengaja menambahakn beberapa wahana permainan yang seru dan menyenangkan supaya kegiatan liburan para pelancong semakin asik.

Tak hanya sebagai tempat wisata saja, namun Pantai Taman ini juga menjadi wilayah konservasi penyu, maka tak heran jikalau Anda dapat dengan mudah menjumpai hewan penyu di lokasi wisata ini. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke objek wisata ini silahkan bertandang ke Desa Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Telogo Sono

Telogo Sono - Tempat Wisata Di Pacitan
Telogo Sono – Sumber foto @nawaver_

Telogo Sono merupakan objek wisata Pacitan yang menyuguhi pemandangan indah danau dengan air yang berwarna hijau karena adanya lumut yang banyak mengendap didasar danau ini. Telaga yang berada di Desa Kali Kuning, Tulakan, Pacitan ini memang banyak diincar para kawula muda untuk bersantai sembari berswafoto berkat pesonanya yang memukau. Didukung dengan suasana yang sejuk, asri dan segar membuat banyak wisatawan betah berlama-lama disini.

Goa Gong

Goa Gong - Tempat Wisata Di Pacitan
Goa Gong – Sumber foto @dedendjatikusuma

Meski sedang berlibur bersama keluarga, tak ada salahnya jikalau goa menjadi tujuan destinasi wisata Anda di kota Pacitan mengingat kota ini kaya akan objek wisata goa. Salah satu goa yang menjadi icon kota Pacitan adalah Goa Gong yang lokasinya berada di Desa Bomo, Purung, Donorejo, Pacitan. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 saja Anda sudah bisa memasuki destinasi wisata Pacitan ini sembari menikmati penampakan dinding goa yang indah berkat adanya  stalaktit dan stalakmit di beberapa bagiannya. Uniknya stalaktit yang berada di goa ini mampu menimbulkan bunyi khusus saat dipukul, hal tersebut tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Srau

Pantai Srau - Tempat Wisata Di Pacitan
Pantai Srau – Sumber foto @danissp_

Siapa yang tak tau dengan pantai Srau Pacitan? Ya wisata bahari yang berada di Candi, Pringkuku, Area Peswahan, Pacitan ini memang sangat populer berkat kebersihan pantainya serta panorama alam yang disuguhkannya. Biasanya saat akhir pekan banyak sekali wisatawan yang sengaja mendirikan tenda dipinggir pantai untuk menimati suguhan sunset dan sunrise. Nah bagi Anda yang hendak menikmati segals suguhan yang ditawarkan oleh pantai ini akan dikenai tarif masuk sebesar Rp. 5000 saja.

Pemandian Air Panas Tirto Husodo

Pemandian Air Panas Tirto Husodo - Tempat Wisata Di Pacitan
Pemandian Air Panas Tirto Husodo – Sumber foto @mendrix_erwin1927

Pemandian air panas tirto husodo yang berada di Desa Karangrejo, Arjosari, Pacitan ini bukanlah pemandian biasa. Pasalnya sumber air di pemandian alami ini bersumber dari dalam bumi yang konon kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Meski sumber air panas sesungguhnya memiliki suhu yang sangat tinggi, namun pengelola sengaja membuat kolam-kolam pemandian lain supaya aman digunakan untuk berendam. Pemandian air panas Pacitan ini hanya dibandrol dengan tarif masuk sebesar Rp. 10.000 saja, namun untuk menjangkaunya Anda harus rela menempuh perjalanan yang cukup melelahkan.

Jurug Gringsing

Jurug Gringsing - Tempat Wisata Di Pacitan
Jurug Gringsing – Sumber foto @ryanferryhandoko

Air terjun Pacitan yang dibuka tahun 2017 lalu ini merupakan primadona bagi para traveler yang hobi berswafoto dialam terbuka. Pasalnya objek wisata yang berada di Dusun Krajan, Desa Ploso, Tegalombo, Pacitan ini menyuguhi indahnya air terjun yang berselimut pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan. Maka tak heran jikalau suasana di objek wisata ini amat sangat asri dan sejuk. Nah apabila Anda ingin menjangkau lokasi wisata ini cukup membayar Rp.5000 saja sebagai retribusi tiket masuk.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Pacitan yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Jangan lupa ajak seluruh keluarga dan kerabat untuk sama-sama menikmati potensi pariwisata yang tersuguhkan di kota Pacitan ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!