Tempat Wisata di Madiun

Rasanya kota di Jawa Timur memang tak pernah ada habisnya dalam menyuguhkan potensi kekayaan wisatanya yang beranekaragam. Dari sekian banyak kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, kota Madiun memang tak boleh terlewatkan untuk dieksplor dan di jelajahi. Pasalnya dalam kegiatan explore Madiun yang dilakukan tersebut Anda bukan hanya disuguhi oleh pusat industri pembuatan kereta api dan makanan khasnya saja. Namun terdapat sederet tempat wisata di Madiun, baik itu wisata alam ataupun wisata bahari yang mampu membius siapapun yang melihatnya.

Kota eks-karisidenan tersebut ditunjang dengan letak geografis yang cukup memadai yang letaknya berada di ketinggian 63-67 meter dari atas permukaan laut. Maka tak heran jikalau banyak sekali keanekaragaman wisata Madiun Jawa Timur yang dapat disajikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Nah guna memudahkan perjalanan liburan Anda di kota Madiun, tak ada salahnya jikalau menyimak sederet objek wisata Madiun dibawah ini sebagai referensi.

Deretan Tempat Wisata di Madiun Paling Menarik

Umbul Square

Umbul Square - Tempat WIsata Di Madiun
Umbul Square – Sumber foto @siskuk

Tempat wisata peninggalan Belanda yang berada di Jalan Ngumbul, Dolopo, Glonggong tersebut menyediakan berbagai wahana wisata yang seru dan menyenangkan. Mulai dari kolam renang, taman bermain yang komplit, kebun binatang hingga area outbond yang semuanya bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000-Rp.15.000 saja. Di wisata Umbul Madiun ini juga kerap digunakan untuk menggelar Square Night Festival yang biasanya diadakan pada malam hari. Untuk memeriahkan suasana biasanya pengelola memberikan fasilitas tambahan berupa live musik bagi pengunjung.

Air Terjun Slampir

Air Terjun Slampir - Tempat WIsata Di Madiun
Air Terjun Slampir – Sumber foto @abudalil

Sesuai namanya tempat wisata alam Madiun yang memiliki nama lain Seweru atau Serondo tersebut hadir dengan sajian dua buah air terjunnya yang mengalir deras dari atas tebing yang tidak terlalu tinggi. Lokasi wisata yang berada di lereng Gunung Wiling tersebut memang masih sangat asri dan alami karena keindahannya belum banyak terjamah oleh tangan manusia.

Namun untuk menjangkau kawasan wisata yang berada di Desa Kare, Madiun ini Anda harus rela melakukan perjalanan yang cukup melelahkan mengingat lokasinya yang berada di ketinggian 400 meter. Tak ada tarif khusus yang harus dibayarkan untuk menikmati keindahan alamnya, namun Anda hanya dikenakan ongkos parkir saja sebesar Rp. 1000.

Desa Wisata Brumbun Tubing Adventure

Desa Wisata Brumbun Tubing Adventure - Tempat WIsata Di Madiun
Desa Wisata Brumbun Tubing Adventure – Sumber foto @diansimphonic

Desa Wisata Brumbun Tubing Adventure merupakan kawasan wisata primadona bagi meraka yang menyukai wahana wisata menatang dan menguji adrenalin. Destinasi wisata Madiun yang memanfaatkan aliran sungai lereng Gunung wilis tersebut mengajak Anda menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet yang sudah tidak terpakai.

Tak perlu khawatir sebab wahana wisata ini cukup aman untuk dinikmati oleh segala usia, sebab selain aliran sungainya yang berarus tenang pengelola juga mewajibkan setiap pengunjung menggunakan pelampung sebelum menikmati wahana ini. Nah jika berminat menikmati sensasi pengalaman yang tersuguhkan silahkan berkunjung ke Desa Brumbun, Kecamatan Wungu, kota Madiun.

Taman Hijau Demangan

Taman Hijau Demangan - Tempat WIsata Di Madiun
Taman Hijau Demangan – Sumber foto @adib_setyo

Bagi ibu-ibu yang mengajak anaknya untuk ikut serta dalam perjalanan liburannya memang terkadang lebih jeli ketika menentukan tujuan tempat wisata guna meminimalisir kebosanan yang kerap terjadi pada anak. Nah salah satu tempat wisata di Madiun yang cocok bagi anak-anak dan orang dewasa sebagai tujuan destinasi wisata adalah Taman Hijau Demangan.

Objek wisata berupa taman ini dilengkapi dengan sederet fasilitas-fasilitas menarik yang mempu membuat aktivitas liburan Anda menjadi seru dan menyenangkan. Diantaranya adalah taman bunga mini, wahana permainan anak-anak hingga kios-kios yang menjajakan aneka kudapan nusantara. Lokasi wisata yang berada di Jl. Soekarno-Hatta, Demangan, Taman Kota Madiun tersebut tak membandrol tarif khusus bagi seluruh pengunjungnya.

Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo - Tempat WIsata Di Madiun
Hutan Pinus Nongko Ijo – Sumber foto @putrishindy_

Hutan pinus yang keberadaanya kini dikembangkan sebagai objek wisata ini menyuguhi pemandangan yang sangat indah dan memukau dengan dua mata air sungai yang menjadi satu. Selain itu hutan pinus Kare Madiun ini juga dilengkapi dengan bendungan peninggalan Belanda yang hingga kini keberadaanya masih terjaga rapi.

Didukung dengan sederet fasilitas menarik, seperti rumah pohon, hammock, spot berswafoto, kawasan outbond, perkemahan, tubing hingga flying fox membuatnya menjadi kawasan wisata yang cukup populer. Tak ada tarif khusus yang dibandrol pengelola untuk memasuki objek wisata di Kare, Madiun ini, hanya saja Anda diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 2000 – Rp. 5000.

Pantai Konang

Pantai Konang - Tempat WIsata Di Madiun
Pantai Konang – Sumber foto @widiyaw16_

Cukup sulit memang mencari destinasi wisata pantai di Madiun, namun tenang saja bagi Anda yang ingin plesiran ke pantai, ada beberapa wisata bahari yang lokasinya dekat dengan kota madiun, diantaranya adalah Pantai Konang. Wisata bahari yang berada di Desa Sukorejo, Nglebeng, Panggul, Kota Trenggalek tersebut menyuguhkan pesona pantai yang indah dengan debit ombak yang cukup besar. Didukung dengan sederet fasilitas menarik, seperti tempat penginapan, gazebo dan sederet kedai makan yang membuat aktivias bersantai Anda semakin menyenangkan membuat objek wisata gratis ini selalu dipadati banyak pengunjung.

Monumen Kresek

Monumen Kresek - Tempat WIsata Di Madiun
Monumen Kresek – Sumber foto @nisakmsh

Wisata bersejarah yang menampilkan keganasan PKI yang terjadi pada tahun 1948 silam dalam bentuk monument dan relief ini merupakan bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu atas tragedi Peristiwa Madiun. Bangunan bersejarah yang berada di Kresek, Wungu, Madiun ini diresmikan pada tanggal 10 Juni 1991 oleh Gubernur Jawa Timur pada masanya. Banyak sekali fasilitas yang bisa Anda nikmati di tempat wisata Madiun ini, diantaranya adalah taman tanaman langka, pendopo, serta arena parkir yang luas. Untuk menikmati segala suguhannya Anda tak perlu membayar retribusi dalam bentuk apapun.

Waroeng Latte

Waroeng Latte - Tempat WIsata Di Madiun
Waroeng Latte – Sumber foto @afifahef

Cafe hits sekaligus tempat nongkrong di Madiun paling populer yang berada di Jl. HOS Cokroaminoto tersebut merupakan primadona bagi para kawula muda untuk menghabiskan waktu senggangnya di malam hari. Resort berkonsep semi outdorr ini sangat fotogenik dan cantik berkat desain interiornya yang unik dan klasik, sehingga mampu membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai kopi ini. Terdapat aneka menu makanan dan minuman yang bisa membuat aktivitas bercengkrama Anda semakin seru dan menyenangkan. Selain itu bagi para penggemar kopi ada aneka varian kopi yang bisa Anda nikmati pula.

Trapesium Cafe

Trapesium Cafe - Tempat WIsata Di Madiun
Trapesium Cafe – Sumber foto @fadlidyanza

Meski identik dengan wisata alamnya yang membuat decak kagum, namun banyak sekali tempat hangout di Madiun yang bisa di dapuk menjadi tempat wisata bagi Anda yang memiliki waktu liburan yang sedikit, salah satunya yaitu kedai kopi bertajuk Trapesium Café.

Café yang mengusung konsep modern dan sangat cozy tersebut di dukung dengan desain interior cantik yang tentunya membuat pengunjung betah. Terdapat aneka jenis makanan dan minuman yang dapat menemani waktu hangout Anda bersama teman-teman semakin seru dan menyenangkan.

Nah itulah tadi referensi tempat wisata di Madiun yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Selamat berlibur, terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!