Tempat Wisata di Kediri

Tentunya Anda sudah tak asing lagi bukan dengan kota Kediri? Ya kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur ini memang sangat terkenal dengan potensi wisata daerah Kediri yang membuat decak kagum. Luas wilayahnya yang mencapai 63,40 km2 dan berjarak 130 KM dari Surabaya ini merupakan kota dengan bentang alam yang elok nan menakjubkan. Hal tersebut tak lain dan tak bukan adalah berkat aliran Sungai Brantas yang membelah kota ini sepanjang 7 KM dan membujur dari sisi Selatan hingga ke bagian Utara.

Mengingat lokasinya yang memadai untuk mengembangkan potensi pariwisata di Kediri wisata kota ini tampil dengan suguhan pariwisata yang terbagi menjadi beberapa ketegori. Diantaranya adalah wisata alam yang mempesona, wisata bahari yang elok nan menakjubkan, wisata edukasi dan sejarah, wisata religi hingga sederet tempat nongkrong di Kediri yang juga bisa Anda jadikan sebagai spot berwisata saat malam tiba.

Nah oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami hendak berbagi rekomendasi mengenai tempat wisata di Kediri yang mungkin menjadi alternaif sekaligus referensi yang tepat bagi Anda. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda simak dengan seksama.

Deretan Tempat Wisata di Kediri Yang Hits Sepanjang Tahun 2019

Menara Asmaul Husna

Menara Asmaul Husna - Tempat Wisata Di Kediri
Menara Asmaul Husna – Sumber foto @nyonkkenyonk

Wisata religi bertajuk Menara Asmaul Husna ini dibangun untuk mengingatkan seluruh umat muslim unuk senantiasa mengingat dan mengetahui 99 nama wajib yang dimiliki oleh Allah SWT. Wisata baru di Kediri setinggi 99 meter tersebut memiliki 23 lantai dengan kubah berlapis emas seberat 60 kg.

Menara yang dibangun dengan hasil swadaya masyarakat sebesar Rp. 15,8 milyar tersebut kini menjadi icon kota Kediri sekaligus menjadi tempat singgah dan berisirahat favorite para pelancong. Nah jikalau Anda berminat silahkan berkunjung ke Jalan Hos Cokroaminoto, Ponpes LDII, Burengan, Kediri.

Kampung Inggris

Kampung Inggris - Tempat Wisata Di Kediri
Kampung Inggris – Sumber foto @fitri_kilisuci

Selain Menara Asmaul Husna, wisata Kediri terbaru lainnya yang harus Anda sambangi ketika melancong ke kota Kediri adalah Kampung Inggris yang berada di Jl. Brawijaya No.58, ulungrejo, Pare, Kediri. Tak perlu berkunjung jauh-jauh keluar negeri untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris, hanya berkunjung ke Kampung Inggris ini Anda sudah bisa mengetahui kemampuan dalam menguasai bahasa Inggris. Sebab seluruh warga yang tinggal di kampung ini selalu menggunakan bahasa inggris untuk berinteraksi antar sesama warga.

Banyak sekali warga setempat yang sengaja membuka bimbingan khusus kepada wisatawan yang berkunjung untuk menambah kelancaran dalam berbahasa Inggris. Untuk memasuki destinasi wisata Kediri ini Anda tak perlu membayar retribusi apapun, namun apabila Anda hendak bimbingan khusus kepada warga setempat mungkin ada tarif tertentu yang harus Anda bayarkan.

Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang - Tempat Wisata Di Kediri
Gunung Maskumambang – Sumber foto @ghaisani_fatih

Ingin menikmati suguhan wisata alam Kediri yang elok nan eksotis? Silahkan berkunjung ke Gunung Maskumambang yang berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja, Anda sudah bisa menikmati suguhan panorama alam dengan view yang sangat menghipnotis siapapun yang melihatnya.

Untuk mencapai puncak gunung paling populer di kota Kediri ini Anda harus rela menaiki anak tangga yang jumlahnya tidak sedikit. Meskipun melelahkan, namun sesampainya dipuncak rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan suguhan panorama yang tersajikan. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan, diantaranya bersantai sembari menikmati pemandangan serta berswafoto.

Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang - Tempat Wisata Di Kediri
Goa Maria Pohsarang – Sumber foto @nikhirara

Sesuai namanya Goa Maria Pohsarang yang terletak di Puhsarang, Semen, Kediri ini merupakan replika Goa Maria yang berada di Lourdes Prancis. Goa setinggi 18 meter ini dilengkapi dengan Patung Bunda Maria setinggi 1,75 meter serta bangunan Gereja Kaolik St. Maria yang sudah dibangun sejak tahun 1934 silam.

Bukan hanya sekedar menjadi tempat ibadah umat nasrani saja, kawasan religi ini juga telah didapuk menjadi tempat rekreasi di Kediri yang sayang untuk dilewatkan dengan segala suguhannya. Namun sebelum memasukinya Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 5500 terlebih dahulu.

Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul - Tempat Wisata Di Kediri
Monumen Simpang Lima Gumul – Sumber foto @nuzul.kurniawan

Kegiatan explore Kediri memang tak pernah ada habisnya, terlebih kini banyak sekali potensi wisata baru yang layak untuk dijamah keindahannya. Nah salah satu icon di kota Kediri yang wajib Anda kunjungi adalah Monumen Simpang Lima Gumul yang berada di Jl. Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri. Sebenarnya bangunan bersejarah ini merupakan sebuah persimpangan yang menjadi titik pertemuan antara lima ruas jalan dengan arus yang berbeda.

Namun untuk mempercantik tampilannya dibangunlah sebuah monumen yang luasnya mencapai 804 meter persegi dengan ketinggian 25 meter. Belum sampai disitu lantai dasar monumen ini juga telah dilengkapi dengan tiga buah tiang tumpuan yang tinggi masing-masing tiangnya mencapai 3 meter. Banyak orang yang tak mengetahui bahwasannya ukuran monumen bersejarah ini merujuk pada hari kelahiran kota Kediri yaitu 25 Maret 804.

Sendang Tirta Kamandanu

Sendang Tirta Kamandanu - Tempat Wisata Di Kediri
Sendang Tirta Kamandanu – Sumber foto @namakudhani

Berkunjung ke kota Kediri dengan mengenal wisata sejarahnya yang kental merupakan suatu ritual yang wajib saat berkesempatan melancong ke Kediri. Salah satu objek wisata gratis yang beroperasi sepanjang hari ini merupakan bangunan bersejarah kuno yang  dipercaya masyarakat lokal sekitar sebagai tempat pensucian diri bagi Raja Kediri yaitu Prabu Sri Aji Joyoboyo sebelum beliau masuk ke alam kelanggengan.

Objek wisata di Kediri yang terletak di Menang, Pagu, Kediri ini juga terdapat sebuah arca raksasa dengan perjuwudan Arca Siwi berwajah halus sembari tersenyum tipis dengan tulisan Archa Ganesha di bagian punggungnya. Nah jikalau Anda berkenan menyambangi objek wisata bersejarah ini Anda tak harus membayar retribusi tiket masuk berbentuk apapun, sebab pengelola setempat menggratiskan seluruh pengunjung untuk menikmai keindahan yang disuguhkan.

Kedai Kawan Lama

Kedai Kawan Lama - Tempat Wisata Di Kediri
Kedai Kawan Lama – Sumber foto @fila_smiley

Bosan berkunjung ke wisata bersejarah dan religi yang ada di Kediri, barangkali Anda bisa merefresh kembali pikiran dan badan dengan mengunjungi tempat nongrong di Kediri ini. Kedai kopi sekaligus tempat wisata di Kediri saat malam hari ini tampil dengan mengusung konsep masa lampau, sehingga segala pernak-pernik dan furniturnya sangat identik dengan barang-barang antik yang mungkin kini keberadaannya sangat sulit sekali untuk ditemukan.

Berkat konsep dan paduan furniture ini membuat nuansa kedai kopi ini sangat instagramabel sekali untuk berswafoto. Nah supaya kegiatan hangout Anda bersama kerabat semakin seru dan menyenangkan, terdapat banyak varian makanan dan minuman yang bisa Anda pesan. Apabila Anda berkenan menghabiskan waktu senggang malam hari di kedai kopi ini silahkan berkunjung ke Jl. Veteran No.9B kota Kediri.

Bagaimana seru dan menyenangkan sekali bukan deretan tempat wisata di Kediri yang bisa Anda sambangi? Nah itulah tadi ulasan mengenai rekomendasi yang bisa kami infromasikan untuk Anda, semoga arikel ini bermanfaat, Terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!