Tempat Wisata di Indramayu

Indramayu merupakan salah satu kota atau kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang cukup populer di kalangan para pemudik yang terbiasa menggunakan poros jalur mudik Pantura saat pulang ke kampung halaman. Selain menjadi jalur utama para pemudik, ternyata kota yang tersusun dari 33 Kecamatan tersebut juga menjadi jalur urat nadi perekonomian bagi Pulau Jawa. Jadi tidak heran jika tempat wisata di Indramayu lebih banyak berada di jalur pantura yang menjadi jalur urat nadi perekonomian di daerah tersebut.

Meskipun demikian, kota ini tak melulu identik dengan permasalan kemacetan, perekonomian serta arus mudik saja. Namun terdapat pesona laut Indramayu yang bisa Anda nikmati sebagai tempat berwisata sekaligus tempat merilekskan kembali otot dan pikiran. Hal tersebut dikarenakan berkat letaknya yang berdekatan dengan pantai bagian utara, sehingga tak heran jikalau potensi wisata pantai di Indramayu sangat luar biasa menariknya

Nah bagi yang mungkin melewati jalur Pantura saat mudik lebaran, namun mencari tempat singgah yang menarik dan mampu mendukung stamina supaya tetap stabil saat berkendara, mungkin wisata pantai Indramyu serta sederet potensi wisata di Indramayu lainnya bisa menjadi referensi sekaligus rekomendasi tepat bagi Anda. Lantas mana saja objek wisata di Indramayu yang cocok dijadikan sebagai tujuan berwisata ? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Tempat Wisata di Indramayu Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya - Tempat Wisata Di Indramayu
Pantai Tirtamaya – Sumber foto @egalistiana21

Bagi Anda yang kerap melewati poros jalur pantura saat mudik lebaran, pastinya sudah tak asing lagi dengan wisata bahari bertajuk Pantai Tirtamaya Indramayu ini. Ya objek wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas tersebut memang memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menghipnotis setiap pengunjungnya untuk berkunjung kembali. Volume ombaknya yang tenang dengan hamparan pasir lembut berwarna coklat nampak menciptakan paduan keindahan yang sangat elok. Tak lupa deretan pepohonan yang mengelilinginya membuat suasana semakin sejuk, asri serta alami.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di spot wisata ini mulai dari bermain air, berenang, hingga bersantai sembari menikmati waktu senja dengan suguhan sunrise yang sangat menakjubkan. Didukung dengan lokasi yang stategis dan dekat dengan pusat kota mambuat tempat wisata di Indramayu ini selalu menjadi agenda rutin beberapa kalangan saat mengisi waktu liburan atau akhir pekan. Nah jikalau Anda berminat untuk menikmati suguhan yang ditawarkan oleh wisata hahari ini silahkan berkunjung ke Desa Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu. Namun sebelum memasuki lokasi wisata ini Anda diwajibkan membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp. 3000 saja.

Pantai Glayem

Pantai Glayem - Tempat Wisata Di Indramayu
Pantai Glayem – Sumber foto @_ayyuanwar

Mengingat lokasinya yang berdekatan langsung dengan pantai bagian utara membuat potensi wisata bahari di kabupaten Indramayu ini sangat banyak dan eksotis. Meski banyak, uniknya setiap pantai yang tersaji di Indramayu memang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri sehingga pengunjung bisa memilih pantai yang hendak disambanginya.

Nah selain pantai tirtamaya, Pantai Glayem Indramayu yang berada di Kecamatan Juntiyut Kabupaten Indramayu ini juga tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Bukan hanya diajak untuk menikmati suguhan pesona bahari yang membuat decak kagum saja, namun di pantai yang dulunya merupakan pelabuhan sekaligus tempat singgah para elayan ini Anda juga akan diajak untuk mencicipi sajian olahan ikan hasil tangkapan dari nelayan secara langsung.

Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, hasil tangkapan ikan dari masyarakatnya mampu menciptakan olahan yang lebih enak dan lezat. Oleh karenanya tak heran jikalau para pedagang ikan di kawasan ini sangat laris. Tempat wisata di Indramayu ini juga didukung oleh sederet fasilitas serta infrastuktur yang memadai dari pengelola.

Diantaranya adalah tempat parkir yang luas, deretan kamar mandi yang terjaga kebersihannya hingga beberapa kedai makanan dengan olahan seafoodnya yang menggugah selera. Nah biasanya sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Glayem ini Anda harus membayar tarif masuk sebesar Rp. 5000 terlebih dahulu.

Pantai Balongan Indah

Pantai Balongan Indah - Tempat Wisata Di Indramayu
Pantai Balongan Indah – Sumber foto @viikkkaaa12

Terkadang kondisi objek wisata yang ramai memang membuat beberapa wisatawan malas untuk mengunjunginya, meskipun tujuan wisata tersebut terbilang memiliki pesona keindahan yang eksotis. Nah bagi Anda yang tak menyukai keramaian saat berwisata barangkali objek wisata Pantai Balongan Indramayu ini bisa menjadi alternatif yang tepat. Pasalnya lokasi wisata terbaru di Indramayu ini memang belum banyak diketahui oleh banyak orang, oleh karenanya spot ini terbilang masih perawan dengan suasana alam yang masih asri dan nyaman sekali sebagai tempat bersantai.

Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di destinasi wisata Indramayu ini diantarnya adalah berenang, bersantai di bawah rindangnya pepohonan hingga menyantap olahan seafoodnya yang menggugah selera di kedai-kedai pingir pantai. Nah apabila Anda berminat menjadikan lokasi wisata ini sebagai tujuan berwisata silahkan berkunjung ke Jalan Raya Balongan Kabupaten Indramayu dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja sebagai retribusi.

Taman Kali Cimanuk

Taman Kali Cimanuk - Tempat Wisata Di Indramayu
Taman Kali Cimanuk – Sumber foto @el_kurkhy

Tempat rekreasi di Indramayu bertajuk Taman Kali Cimanuk ini merupakan kawasan wisata yang masih baru dan belum banyak diketahui oleh khalayak luas. Meskipun letaknya berada di bawah jembatan dan ditengah-tengah pusat kota namun taman wisata hijau ini mampu memberikan nuansa nyaman serta suasana yang asri dan sejuk berkat deretan tumbuhan hijau yang subur.

Selain menjadi obyek wisata di Indramayu paling favorit, spot ini juga kerap digunakan untuk mengadakan beberapa acara pameran karya seni oleh beberapa komunitas. Supaya pengunjung betah untuk berlama-lama berada di taman hijau tersebut pengelola sengaja melengkapinya dengan beberapa aneka wahana permainan anak yang menyenangkan, deretan gazebo untuk tempat bersantai hingga jejeran kedai-kedai makanan yang menyajikan aneka masakan nusantara yang menggugah selera.

Bagi Anda yang bingung mencari tempat singgah dan berisitirahat saat mudik tak ada salahnya untuk berkunjung ke sppt wisata yang berada di Taman Cimanuk, Penganjang, Sindang Kabupaten Indramayu ini. Tenang saja unuk retribusi tiket masuk pengelola memang sengaja menggratiskan tarif masuknya untuk umum.

Ramen Cemen Indramayu

Ramen Cemen Indramayu - Tempat Wisata Di Indramayu
Ramen Cemen Indramayu – Sumber foto @ramencemen_im

Bagi penikmat masakan Jepang seperti mie ramen, Japanese Resto merupakan primadona dan dapat menjadi tempat nongkrong di Indramayu paling dicari. Sesuai namanya restaurant dan café yang mengusung konsep Jepang ini memang kerap digunakan oleh para kawula muda untuk bercengkrama bersama teman sembari menikmati waktu malam hari. Didukung dekorasi interior yang mampu mempertegas nuansa Jepang membuat betah berlama-lama nongkrong di tempat makan ini.

Bagi Anda yang tak menyukai masakan-masakan Jepang tak perlu khawair pasalnya resto ini sengaja mengolah semua masakan-masakan Jepangnya dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia. Sehingga akan menciptakan sensasi rasa yang cocok di lidah orang Indonesia. Nah jikalau Anda ingin mencoba berkunjung di resto ini silahkan sambangi jalan jendral Sudirman No.60, Lemahabang, Kabupaten Indramayu.

Nah itulah tadi ulasan mengenai tempat wisata di Indramayu yang bisa kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda saat mudik lebaran tiba. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!