Tempat Wisata di Demak

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendiskripsikan tentang kota Demak Jawa Tengah? Ya salah satu kota pelopor penyebaran agama islam oleh para Sunan di Provinsi Jawa Tengah ini memang sangat populer dengan wisata religinya yang syarat akan nilai sejarah. Berkat hal tersebut membuat Demak menjadi tujuan wajib destinasi wisata oleh beberapa biro tatkala mengantarkan banyak wisatawan untuk plesiran.

Meskipun potensi wisata pada aspek religi dan sejarah di kota Demak ini cukup besar, namun kota ini juga menyuguhkan potensi wisata alam Demak yang patut diacungi jempol. Mulai dari wisata bahari yang mempesona, wisata belanja hingga wisata kuliner yang bisa Anda temukan dengan mudah. Bahkan kini pemerintah setempat terus berusaha menciptakan dan mengembangkan potensi alam raya kota Demak supaya menjadi spot wisata terbaru yang mana keberadaannya mampu memperkaya jumlah destinasi wisata yang ada di Demak.

Lalu apa saja potensi pariwisata yang ada di Demak dan layak untuk dieksplor? Nah inilah deretan tempat wisata di Demak yang wajib Anda sambangi.

Tempat Wisata di Demak Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Pantai Morosari

Pantai Morosari - Tempat Wisata Di Demak
Pantai Morosari – Sumber foto @kurniaji_18

Terlepas dari objek wisata religi yang melekat kuat dengan kota Demak, ternyata kota kecil ini menyimpan pesona bahari bertajuk Pantai Morosari yang wajib untuk dikunjungi. Meski untuk menjangkaunya Anda harus menyisir hutan mangrove terlebih dahulu, namun sesampainya di lokasi Anda akan dibuat terkesima dengan suguhan pesona alamnya yang indah nan menakjubkan.

Selain menyewa perahu dan bermain air terdapat rumah makan terapung yang dapat mengatasi perut tatkala keroncongan. Nah bagi Anda yang berminat untuk plesiran ke Pantai Morosari Demak ini silahkan bertandang ke Jl. Semarang-Demak Km. 9 Bedono dengan tarif masuk Rp. 5.000 saja.

Brown Canyon

Brown Canyon - Tempat Wisata Di Demak
Brown Canyon – Sumber foto @ariyadiputraxjaga

Tak perlu jauh-jauh berkunjung ke Amerika untuk menyaksikan indahnya bangunan Brown Canyon, pasalnya kota Demak juga memiliki objek wisata Brown Canyon layaknya Amerika yang berada di Desa Kebonbatur, Mranggen. Secara umum tampilan Brown Canyon Demak dengan  Amerika ini tak jauh berbeda, yaitu hanya tebing yang berasal dari pengikisan tanah dan bebatuan saja.

Hanya saja letaknya yang mudah dijangkau dengan biaya teribusi yang murah yaitu hanya Rp. 2000 saja membuat lokasi wisata ini selalu ramai dipadati pengunjung untuk berswafoto. Bahkan tak jarang banyak fotografer yang menjadikan lokasi wisata ini sebagai latar belakang bidikan kameranya.

Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga - Tempat Wisata Di Demak
Makam Sunan Kalijaga – Sumber foto @bikerssubuhandemak

Makam Sunan Kalijaga merupakan wisata Demak yang syarat akan nilai religi dan sejarah yang berada di Desa Kadilangu, Demak. Komplek pemakaman yang berada di bagian belakang Masjid Sunan Kalijaga ini sering kali disambangi banyak orang dari luar daerah secara beramai-ramai untuk berziarah.

Tak hanya makam Sunan Kalijaga saja, namun di komplek pemakaman ini juga terdapat pusara kerabat Sunan yang pada jaman dahulu ikut melakukan penyebaran agama islam di Demak. Uniknya, untuk menjangkau lokasi makam ini Anda harus masuk kedalam masjid terlebih dahulu dan melewati lorong panjang sebelum akhirnya tiba di pemakaman tersebut.

Hutan Mangrove Morosari Sayung

Hutan Mangrove Morosari Sayung - Tempat Wisata Di Demak
Hutan Mangrove Morosari Sayung – Sumber foto @mystoryfak

Kawasan wisata yang tergolong sebagai tempat wisata Demak terbaru bertajuk hutan Mangrove Morosari Sayung ini berada di Desa Bedono, Sayung, Demak. Dulunya sebelum menjadi objek wisata kawasan ini adalah pemukiman penduduk, namun seiring dengan berjalannya waktu kini wilayah tersebut disulap menjadi tempat wisata alam yang menakjubkan.

Selain menyuguhi panorama alam yang indah, Anda juga bisa menjumpai aneka satwa liar yang hidup bebas diantara pepohonan bakau. Untuk memasukinya Anda tak akan dikenakan biaya apapun, namun apabila ingin berswafoto dan membawa kamera Anda akan dikenkan tarif sebesar Rp. 25.000.

Museum Masjid Agung Demak

Museum Masjid Agung Demak - Tempat Wisata Di Demak
Museum Masjid Agung Demak – Sumber foto @museum_lovers

Explore Demak belum lengkap rasanya jikalau belum menyambangi Museum Masjid Agung Demak yang terletak di Jl. Sultan Fatah No. 41, Bintaro, Demak. Objek wisata gratis yang masih satu kawasan dengan Masjid Agung Demak ini merupakan area untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah dari Wali Songo. Meski ukurannya tak terlalu luas yaitu 4 x 4 meter saja, namun jumlah benda peninggalan yang masih tersimpan rapi di dalamnya terbilang sangat banyak dan lengkap.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak - Tempat Wisata Di Demak
Masjid Agung Demak – Sumber foto @nuriasriromdhona

Selain menjadi tempat ibadah umat muslim, Masjid Agung Demak yang berada di Kampung Kauman, Kelurahan Bintaro, Demak ini kini menjelma menjadi objek wisata Demak yang paling populer di kalangan wisatawan. Salah satu daya tarik yang membuat masjid tertua di Pulau Jawa ini populer adalah desain arsitekturnya yang syarat akan makna.

Hal tersebut bisa dilihat dari bentuk atap masjid ini yang dibuat menyerupai limas. Konon bentuk limas ini memiliki makna yang dalam akan syariat agama islam, yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Tenang saja untuk memasuki tempat ibadah ini tak ada biaya seperserpun yang perlu di bayarkan.

Niagara Waterboom

Niagara Waterboom - Tempat Wisata Di Demak
Niagara Waterboom – Sumber foto @comell_mellmell

Wisata air Demak bertajuk Niagara Waterboom ini menyuguhkan 2 kolam renang yang terbagi untuk anak-anak dan orang dewasa. Waterboom yang berada di Bintaro, Demak ini sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang memadai. Mulai dari aneka permainan air yang seru dan menyenangkan, deretan restaurant yang menjajakan makanan murah, tempat ibadah hingga kamar mandi yang berjumlah lumayan banyak.

Lokasinya yang Nyaman dan sejuk karena dikelilingi oleh deretan pepohonan yang rimbun, tak heran jikalau banyak wisatawan yang betah berlama-lama berada di waterboom ini meskipun hanya sekedar menunggu anggota keluarganya yang bermain air. Dibandrol dengan tarif masuk yang murah yaitu Rp. 10.000 saja membuat tempat wisata di Demak paling populer ini selalu ramai di sesai pengunjung saat masa liburan tiba.

Warung Ndeso Sarwo Eco

Warung Ndeso Sarwo Eco - Tempat Wisata Di Demak
Warung Ndeso Sarwo Eco – Sumber foto @kiranti11

Sama layaknya kota-kota besar lainnya di Jawa Tengah, Demak juga memiliki spot nongrong paling populer untuk melepas penat dari hiruk pikuk aktivitas yang membosankan. Salah satu kedai makan yang menjadi tempat nongkrong di Demak paling populer adalah Warung Ndeson Sarwo Eco. Sesuai dengan namanya restaurant yang menjajakan aneka makanan khas kota Demak ini hadir dengan desain arsitektur saung yang terbuat dari bambu yang disusun-susun.

Dilengkapi dengan lampu yang berwarna-warni serta suasana yang tenang, tentunya membuat aktivitas santap Anda semakin lahap dan berselera. Meski konsep yang diusung oleh kedai makan ini sangat mewah dan romantis, namun harga yang dibandrol untuk setiap sajian hidangannya terbilang murah dan ramah di kantong. Bagi Anda yang berminat merasakan santap makan di kedai makan tersebut silahkan bertandang ke Jalan Sultan Fatah No. 23, Bintoro, Demak.

Apakah Anda mulai tertarik untuk menjadikan tempat wisata di Demak sebagai tujuan destinasi wisata Anda di masa liburan mendatang? Jika iya segera agendakan dan ajak seluruh anggota keluarga menikmati suguhan spot wisata yang di tawarkan di Demak. Selamat berlibur, terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!