Tempat Wisata di Cilacap

Cilacap adalah wilayah perbatasan antara Kabupaten Brebes dengan Kabupaten Banyumas yang berada di kawasan teritorial Jawa Tengah. Letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat membuat kota ini menghasilkan pertemuan dua kultur kebudayaan yang manis. Maka tak heran jikalau hal tersebut juga tertuang di beberapa destinasi wisata Cilacap yang hendak kami bahas pada kesempatan kali ini.

Meski identik dengan paduan kebudayaan yang unik, tapi Cilacap tak melulu menyuguhkan spot wisata yang merujuk kepada potensi tradisi dan budaya saja. Ada sederet wisata alam Cilacap yang menyuguhkan pesona serta pemandangan yang eksotis. Tanpa harus menggunakan biro traveling, Anda sudah dapat menjangkau seluruh wahana Cilacap secara mandiri. Pasalnya Cilacap memiliki rute yang terbilang strategis dan mudah dijangkau oleh semua transportasi.

Supaya aktivitas plesiran Anda tak membingungkan, alangkah lebih baiknya jikalau membuat daftar tempat wisata di Cilacap yang hendak dituju terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Nah, bagi yang membutuhkan referensi terkait spot wisata menarik yang berada di wilayah Cilacap, barangkali artikel dibawah ini dapat menjadi alternatif yang tepat. Simak baik-baik ya.

Tempat Wisata di Cilacap Terfavorit yang Wajib Dikunjungi

Benteng Pendem

Benteng Pendem - Tempat Wisata Di Cilacap
Benteng Pendem – Sumber foto @ridwan_arfani

Banteng Pandem adalah bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang dulunya terbengkalai. Bahkan di beberapa sudut bangunannya pun sudah ada yang tertimbun tanah sehingga membuat bangunan nampak kotor dan lusuh. Namun seiring berjalannya waktu kini bangunan bersejarah yang berada di Jl. Benteng, Cilacap Selatan ini menjelma menjadi sebuah tempat rekreasi di Cilacap yang kaya akan nilai sejarah. Nah bagi Anda yang berkenan untuk menyambangi benteng ini cukup membayar biaya Rp. 5000 saja sebagai tiket masuknya.

Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan - Tempat Wisata Di Cilacap
Pulau Nusakambangan – Sumber foto @man.fadh

Pulau Nusakambangan merupakan wilayah perairan yang dimiliki oleh Kementrian Hukum dan HAM RI yang mana sangat populer sebagai lapas berkeamanan tinggi. Meski hanya dihuni oleh para napi serta penjaga lapas dan keluarganya saja, namun pulau ini dapat menjadi objek wisata di Cilacap yang sangat potensial. Pasalnya selain menyuguhkan deretan pantai berpasir putih yang elok, kawasan ini juga menyuguhkan benteng peninggalan Belanda serta goa-goa yang terdapat di perbukitan kapur.

Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu - Tempat Wisata Di Cilacap
Pantai Cemara Sewu – Sumber foto @haifav__

Sesuai namanya wisata pantai di Cilacap yang berada di Jetis, Nusawungi, Cilacap ini menyuguhkan pesona pemandangan pantai berpasir putih yang berpadu dengan indahnya deretan pohon cemara yang tumbuh subur di pinggir pantai. Selain itu objek wisata gratis ini juga menyediakan berbagai fasilitas menarik yang dapat mendukung aktivitas liburan Anda. Seperti kolam renang, gazebo serta deretan kedai makan yang bisa Anda jadikan tempat bersantai sekaligus santap makan.

Alun-Alun Cilacap

Alun-Alun Cilacap - Tempat Wisata Di Cilacap
Alun-Alun Cilacap – Sumber foto @hyytejo_

Sama seperti kota-kota lainnya di Jawa Tengah, Cilacap juga memiliki alun-alun yang letaknya di Jl. Jendral Sudirman, Tegalreja, Cilacap. Selain menjadi tempat pagelaran acara-acara oleh masyarakat setempat atau pemerintah, alun-alun ini juga menjadi tempat nongkrong di Cilacap paling favorit bagi kawula muda. Sebab, selain bersantai dibawah terang lampu warna-warni yang cantik, Anda juga dapat berwisata kuliner dengan sajian lezat dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Teluk Penyu Cilacap

Teluk Penyu Cilacap - Tempat Wisata Di Cilacap
Teluk Penyu Cilacap – Sumber foto @adindariskaps

Kawasan wisata yang berada di Cilacap Selatan ini merupakan pantai berombak besar yang mana menjadi tempat konservasi sekaligus penangkaran beragam jenis penyu. Meski kini populasinya tak sebanyak dulu, namun spot ini cukup menarik sebagai tujuan destinasi wisata selanjutnya ketika explore Cilacap. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja, Anda sudah bisa menikmati pesona pantainya sembari menggunakan fasilitas-fasilitas umum yang disediakan.

Waduk Koebangkangkung

Waduk Koebangkangkung - Tempat Wisata Di Cilacap
Waduk Koebangkangkung – Sumber foto @meirinawidhi

Bosan dengan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari yang melelahkan? Barangkali tempat wisata di Cilacap bertajuk waduk Koebangkangkung yang berada di Desa Kubangkangkung, Kawunganten, Cilacap ini dapat Anda jadikan referensi yang pas. Wahana wisata bertarif Rp. 2000 ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah lengkap dengan suasananya yang sejuk dan asri berkat deretan pepohonan yang rimbun. Selain bersantai, ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan dikawasan wisata ini, diantaranya menikmati aneka wahana air yang cukup seru.

Kampung Laut Cilacap

Kampung Laut Cilacap - Tempat Wisata Di Cilacap
Kampung Laut Cilacap – Sumber foto @dhianwijayanto

Mengingat potensi wisata di Cilacap sangat potensial, membuat pemerintah setempat yang dibantu oleh masyarakat sekitar selalu berupaya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh kota Cilacap. Oleh karenanya tak heran jikalau banyak sekali wisata Cilacap terbaru yang saat ini bermunculan, salah satunya adalah kampung laut Cilacap.

Perkampungan yang berada di Ujungalang, Cilacap ini merupakan desa yang dikelilingi oleh laut. Pemandangannya yang ciamik dan didukung dengan suasana yang asri dan damai membuat spot wisata baru ini banyak diincar para wisatawan. Ditambah dengan lokasinya yang sangat fotogenik, tak heran jikalau saat akhir pekan tiba kawasan ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Gunung Selok

Gunung Selok - Tempat Wisata Di Cilacap
Gunung Selok – Sumber foto @arifff96

Gunung Selok merupakan tempat wisata baru di Cilacap yang sangat unik dan instagramabel abis. Spot foto yang berada di Karangbenda, Adipala, Cilacap ini menyuguhkan pemandangan alam yang istimewa dan menakjubkan.

Ditambah dengan suasana yang damai dan sejuk, membuatnya menjadi tempat camping paling populer bagi para beberapa komunitas pecinta alam. Nah bagi yang hendak menikmati segala suguhan ini cukup membayar tiket sebesar Rp. 5000 saja sebagai retribusi tiket masuk. Nah murah banget bukan?

Pemandian Air Panas Cipari

Pemandian Air Panas Cipari - Tempat Wisata Di Cilacap
Pemandian Air Panas Cipari – Sumber foto @d3nywan

Dulunya objek wisata bertajuk pemandian air panas yang berada di wilayah Cipari ini merupakan proyek gagal dari pemerintahan Belanda yang hendak mencari minyak bumi di Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu kini tempat wisata di Cilacap ini disulap menjadi pemandian air panas yang banyak dikunjungi wisatawan dari beberapa daerah.

Lokasinya yang berada di dataran tinggi, tak heran jikalau suasana yang disuguhkan sangat sejuk dan asri. Dibandrol dengan tiket masuk yang murah meriah yaitu Rp. 5000 saja, Ada sudah bisa puas berenang sembari menikmati suguhan pesona alam yang tersaji.

Waterpark Tirta Mas

Pemandian Air Panas Cipari - Tempat Wisata Di Cilacap
Pemandian Air Panas Cipari – Sumber foto @farhamnareffi98

Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk mengajak keluarga dan orang-orang terkasih berlibur. Nah salah satu tempat wisata keluarga di Cilacap yang wajib Anda sambangi saat akhir pekan adalah Waterpark Tirta Mas. Wisata air yang berada di Jl. Rinjani, Sidanegara, Cilacap ini menyuguhkan kolam anak-anak hingga orang dewasa yang sudah dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air yang menarik.

Nah bagi Anda yang tidak ingin basah-basahan, terdapat deretan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sembari menunggu keluarga yang lain berenang. Untuk menikmati segala suguhannya Anda hanya dibandrol dengan tarif masuk sebesar Rp. 19.000 saja.

Itulah deretan tempat wisata di Cilacap yang mungkin dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Mungkin artikel ini dapat menjadi referensi sekaligfus solusi yang tepat ketika bingung menentukan destinas wisata mana yang hendak disambangi ketika berkesempatan melancong ke Cilacap. Selamat berlibur dan jangan lupa share artikel ini bila bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!