Tempat Wisata di Bukittinggi

Bukittinggi adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Sumatra Barat dan kota bukittinggi populer sebagai tempat lahirnya beberapa tokoh terkenal di Indonesia seperti Mohammad Hatta. Bukittinggi menjadi salah satu pusat perdagangan terbesar yang ada di pulau sumatera dan prekonomian di bukittinggi meningkat dengan baik. Salah satu ikon kota bukittinggi yang populer adalah adanya jam gadang. Pemerintahan bukittinggi terus melakukan upaya pembangunan berbagai sektor dan salah satu sektor yang terus meningkat adalah sektor pariwisata. Banyaknya tempat wisata di bukittinggi yang harus dikembangkan dan dikelola dengan baik, karena sektor pariwisata bisa membantu perekonomian daerah. Berikut ini adalah tempat wisata di bukittinggi yang cocok untuk liburan:  

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Ngarai Sianok – Sumber foto @novemlawalata

Ngarai Sianok adalah salah satu wisata alam yang ada di bukittinggi dan tempat wisata ngarai sianok bukittinggi merupakan sebuah lembah yang memiliki jurang yang sangat berbahaya. Bentuk lembah ngarai sianok adalah berbelok dan memanjang. Pemandanganya yang sangat indah, menjadi daya tarik utama lembah ini dan pengunjung yang datang, harus berhati-hati. Kedalaman jurang di lembah ngarai sianok sekitar 100 meter.

Ngarai Sianok berlokasi di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak muda, karena memerlukan tenaga untuk berjalan keatas lembah. Untuk masuk tempat wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. Tempat ini menjadi objek wisata bukittinggi yang banyak dikunjungi saat akhir pekan.

Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Benteng Fort de Kock – Sumber foto @dahniel_bukittinggi

Benteng Fort de Kock adalah salah satu benteng bersejarah yang ada di bukittinggi dan pendirian benteng ini digagas oleh Kapten Bouer sekitar tahun 1825. Pendirian benteng ini dilakukan pada masa kepemimpinan Hendrik Merkus de Kock dan bangunan benteng yang berada di atas bukit, menjadi daya tarik utama benteng fort de kock. Benteng ini telah direnovasi oleh pemerintah dan dijadikan area taman kota bukittinggi.

Benteng Fort de Kock berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan untuk bisa mengakses seluruh bagian benteng, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Pengunjung yang datang ke benteng ini mayoritas adalah pelajar dan Benteng Fort de Kock menjadi benteng peninggalan belanda di bukittinggi yang memiliki cerita sejarah unik.

Lubang Jepang Bukittinggi

Lubang Jepang Bukittinggi - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Lubang Jepang Bukittinggi – Sumber foto @inaraniwahyuni25

Lubang Jepang Bukittinggi adalah salah satu terowongan bersejarah yang dibangun oleh tentara jepang dan lubang jepang bukittinggi dibangun dengan panjang 1400 meter serta lebarnya sekitar 2 meter. Ada beberapa ruangan khusus yang dibangun seperti ruangan gudang senjata dan ruangan pengintaian. Tempat ini dijadikan persembunyian terakhir tentara jepang dan tempat ini dibuat sebagai upaya pertahanan jepang di bukittinggi.

Lubang Jepang Bukittinggi berlokasi di Jalan Panorama, Bukit Cangang Kayu Ramang, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan sejak tahun 1984, lubang ini dijadikan tempat wisata oleh pemerintahan bukittinggi. Harga tiket masuk ke lubang jepang ini adalah Rp 10.000 per orang dan pengunjung bisa mengakses lubang sepanjang hari.

Janjang Saribu

Janjang Saribu - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Janjang Saribu – Sumber foto @angelavrnkaa

Janjang Saribu adalah salah satu objek wisata yang berada diatas ketinggian dan pemandangan janjang saribu bukittinggi diatas  ketinggian terlihat sangat indah. Janjang saribu berarti tangga seribu dan pengunjung yang datang, harus melewati tangga yang sangat banyak. Tempat ini memiliki area yang sangat hijau, karena ditumbuhi banyak tanaman dan pengunjung bisa memanfaatkan beberapa spot untuk kegiatan berfoto.

Janjang Saribu berlokasi di Ngarai Sianok, Kabupaten Agam, Sumatra Barat dan untuk menaiki tangga, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak muda, karena nuansa alam disini sangatlah sejuk dan anak muda lebih kuat untuk menaiki tangga.

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Taman Ngarai Maaram Bukittinggi – Sumber foto @ignacianaomiaquinaldy

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi adalah salah satu tempat wisata di bukittinggi yang menyajikan keindahan alam dan taman ngarai maaram bukittinggi memiliki berbagai fasilitas yang sangat unik. Jalan setapak yang mengeliliggi taman dibuat dengan sangat unik dan ada beberapa mainan yang bisa digunakan anak-anak. Spot paling unik di taman ini adalah titian selfie yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk kegiatan berfoto.

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi berlokasi di Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan taman ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga, karena spot wisatanya sangatlah lengkap. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. 

Danau Maninjau

Danau Maninjau - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Danau Maninjau – Sumber foto @mytravelsecret

Danau Maninjau adalah salah satu danau vulkanik yang berada pada ketinggiann 461,50 mdpl dan danau maninjau menjadi salah satu tempat indah yang ada di bukittinggi. Danau ini memiliki nuansa alam yang sangat eksotis dan pegunungan yang hijau menjadi pemandangan indah yang ada di danau maninjau. Pepohonan hijau disekitar danau, membuat banyak pengunjung betah berlama-lama di danau.

Danau Maninjau berlokasi di Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dan danau ini memang mampu menarik banyak wisatawan asing. Tiket masuk danau maninjau hanyalah Rp 3.000 per orang. Pengunjung bisa mengakses area danau seharian dan bisa melakukan kegiatan foto diberbagai spot yang sangat indah.

Jam Gadang

Jam Gadang - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Jam Gadang – Sumber foto @asalphotograp

Jam Gadang adalah salah satu menara yang menjadi ikon kota bukittinggi dan menara ini memiliki jam dengan ukuran yang sangat besar. Kini jam gadang menjadi salah satu destinasi wisata bukittinggi yang bisa dikunjungi dengan tiket murah dan tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Tempat ini bisa dijadikan tempat wisata edukasi, tempat wisata sejarah ataupun tempat wisata bermain.

Jam Gadang berlokasi di pusat Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan tempat ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Harga tiket masuk ke jam gadang adalah Rp 10.000 per orang dan letak tempat ini yang ada di pusat kota, memudahkan para pengunjung yang ingin datang.

Kebun Binatang Bukittinggi

Kebun Binatang Bukittinggi - Tempat Wisata Di Bukittinggi
Kebun Binatang Bukittinggi – Sumber foto @jayeng_sri

Kebun Binatang Bukittinggi adalah salah satu kebun binatang terlengkap yang ada di Indonesia dan menjadi kebun binatang tertua yang ada di Indonesia. Pengunjung yang datang ke kebun binatang, bisa menemukan berbagai hewan unik dan pengunjung bisa melakukan kegiatan berfoto di berbagai spot.

Kebun Binatang Bukittinggi menjadi tempat nongkrong di bukittinggi yang sangat bermanfaat dan nonkrong di tempat ini, bisa sekaligus mengenal berbagai jenis hewan. Kebun Binatang Bukittinggi berlokasi di Jalan Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan harga tiket masuk kebun binatang ini sangatlah murah yaitu Rp 10.000 per orang.

Itulah ulasan lengkap mengenai tempat wisata di bukittinggi dan semoga artikelnya bermanfaat bagi para pembacanya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!