Tempat Wisata di Blora

Siapa yang tak mengenal kota Blora? Kota yang berada di kawasan Provinsi Jawa Tengah ini sangat memang populer sebagai penghasil migas dan pengekspor kayu jati terbesar dan berkualitas yang ada di Indonesia. Tak hanya hasil buminya yang melimpah hingga saat ini, ternyata potensi wisata Blora yang beragam juga patut diacungi jempol berkat suguhannya yang membuat mata terpesona. Mengingat letak geografisnya yang berada di dataran rendah dan perbukitan, membuat potensi wisata kota Blora ini didominasi dengan wisata alam dan wisata bahari.

Namun bagi yang hendak berkunjung ke Blora untuk plesiran, jangan khawatir. Pasalnya wilayah yang didominasi oleh masyarakat Suku Samin ini juga kaya akan potensi wisata sejarah dan edukasi berkat kultur budayanya yang hingga saat ini masih dipegang erat dalam menjalani seluruh aspek kehidupan. Lantas objek wisata di Blora mana sajakah yang hits dan layak untuk dikunjungi sebagai tujuan destinasi wisata? Langsung saja inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Tempat Wisata di Blora Paling Hits dan Layak untuk Dikunjungi

Goa Terawang

Goa Terawang - Tempat Wisata Di Blitar
Goa Terawang – Sumber foto @_kangbejo_

Destinasi wisata di Blora bertajuk Goa Terawangan yang berada di Desa Kedungwungu, Todanan, Blora mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Blora dan sekitarnya. Namun bagi masyarakat awam justru gua yang menyatu dengan alam ini menjadi spot wisata sekaligus tempat penelitian yang wajib untuk dijamah ketika bertandang ke Blora.

Selain menyuguhkan suasana yang sejuk dan asri, kawasan wisata seluas 13 hektar ini bahkan terdapat beberapa induk goa yang tak kalah menarik untuk dieksplor. Nah untuk menikmati segala suguhannya Anda cukup membayar retribusi sebasar Rp.7000 saja.

Waduk Bentolo

Waduk Bentolo - Tempat Wisata Di Blitar
Waduk Bentolo – Sumber foto @gheghe88hary

Cari spot wisata populer yang murah meriah di kawasan Blora Jawa Tengah? Barangkali Waduk Bentolo dapat Anda jadikan solusi jawaban yang paling pas. Waduk yang berada di Desa Tinapan, Todonan, Blora ini sebenarnya adalah waduk yang difungsikan sebagai sarana irigasi persawahan bagi warga sekitar.

Namun berkat suguhan pesona alamnya yang menarik dan menakjubkan, spot wisata yang dibandrol dengan biaya masuk sebesar Rp. 3000 ini kini menjelma menjadi tempat wisata favorite di Blora yang pas untuk melepas penat sembari berswafoto.

Gunung Manggir

Gunung Manggir - Tempat Wisata Di Blitar
Gunung Manggir – Sumber foto @erichawindhiyana_

Gunung Manggir merupakan salah satu wahana wisata yang paling populer dan wajib dikunjungi ketika explore Blora. Pasalnya dari kawasan perbukitan kapur seluas 4 hektar yang berketinggian 250 MDPL ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam kota Blora yang indah mempesona. Bahkan tempat wisata gratis yang berada di Perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Todanan, Blora ini juga menyajikan pesona goa yang juga menarik untuk dijamah.

Heritage Trainz Loco Tour

Heritage Trainz Loco Tour - Tempat Wisata Di Blitar
Heritage Trainz Loco Tour – Sumber foto @tami_ku

Tak hanya potensi wisata alam, Blora juga menyuguhkan destinasi wisata yang kental dengan nilai sejarah dan edukasi yang terletak di Kelurahan Ngelo, Cepu, Blora. Kawasan wisata berupa arena lokomotif besutan Jerman ini merupakan benda peninggalan zaman Belanda yang dulunya digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut pohon jati.

Namun kini keberadaannya dikelola oleh Perhutani KPH Cepu yang mana lambat laut menjadi tempat wisata di Blora yang murah meriah. Pasalnya untuk memasuki kawasan ini Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja perorangnya. Wah murah sekali ya. Langsung saja deh agendakan kesana.

Agrowisata Temanjang

Agrowisata Temanjang - Tempat Wisata Di Blitar
Agrowisata Temanjang – Sumber foto @galeriwisatawan

Blora memang populer dengan potensi hutannya yang telah dirombak menjadi destinasi wisata Blora hits yang keren dan instagramabel banget. Kawasan wisata yang dibandrol dengan biaya retribusi sebesar Rp. 5000 ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan alamnya yang mempesona bagi siapapun yang melihatnya.

Namun keadaan tersebut juga didukung oleh suasana yang sejuk dan asri berkat pepohonan rimbun serta sederet fasilitas penunjang lainnya yang dapat melancarkan aktivitas rekreasi para wisatawan di Agrowisata Temanjang. Bahkan saat malam jumat, kawasan wisata yang berada di Desa Temanjang Kabupaten Blora ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi ritual adat masyarakat sekitar.

Taman Seribu Lampu

Taman Seribu Lampu - Tempat Wisata Di Blitar
Taman Seribu Lampu – Sumber foto @chindyayufd__

Bertandang ke Kabupaten Blora tak lengkap rasanya jikalau belum meluangkan waktu sejenak untuk menikmati malam di Taman Seribu Lampu yang berada di Jl. Ronggolawe, Bulansawahan, Balun, Cepu, Blora ini. Taman yang dulunya dijadikan sebagai alat pemisah antara dua jalur yang berlawanan ini kini menjelma menjadi tempat nongkrong di Blora terfavorit saat malam tiba.

Sesuai namanya, aset wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Blora menyuguhkan taman yang dipenuhi dengan lampu berwarna warni di banyak bagian. Sembari bersantai dan menikmati suasana malam di Blora Anda juga dapat memesan aneka kudapan khas Blora dan sederet makanan kekinian lainnya di pedagang kaki lima yang berjejer disekeliling taman. Untuk masuk di taman ini Anda tak perlu membayar retribusi, sebab objek wisata ini gratis untuk umum.

Air Terjun Kedung Mansur

Air Terjun Kedung Mansur - Tempat Wisata Di Blitar
Air Terjun Kedung Mansur – Sumber foto @devy_octa05

Kota Blora memang memiliki suhu cuaca yang terbilang cukup terik, barangkali bagi Anda yang ingin mencari tempat wisata di Blora yang kental dengan nuansa segar dan alami tak ada salahnya bertandang ke air terjun Kedung Mansur yang berada di Jalan Banjarejo Kabupaten Blora. Air terjun setinggi 10 meter tersebut menyuguhkan gemericik air jernih yang mengalir di bebatuan pegunungan dan bermuara di satu kolam besar yang tenang dan tak berarus.

Didukung dengan suasana yang asri dan alami tak heran jikalau banyak sekali wisatawan yang betah berlama-lama di wisata air terjun Blora ini untuk sekedar bersantau atau menceburkan diri. Untuk merasakan segala suguhan pesonannya Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebasar Rp.5000 saja.

Apakah rekomendasi 7 tempat wisata di Blora yang hits tersebut diatas sesuai dengan keinginan dan harapan Anda? Selain lengkap Blora juga menyuguhkan potensi wisata yang sangat murah meriah dan terjangkau serta wisata kuliner yang terkenal seperti Dumbeg / Clorotan khas Blora.

Dumbeg

Wisata Kuliner Dumbeg - Tempat Wisata Di Blitar
Wisata Kuliner Dumbeg – Sumber foto @layseatdiary

Tak kalah dengan kota-kota besar lainnya di wilayah teritorial Indonesia, Blora juga menyuguhkan wisata kuliner yang tak kalah unik dan lezat dari kota lainnya. Nah jika Anda ingin plesiran sembari wisata kuliner di Blora jangan lupa untuk mencicipi kudapan khasnya yang bertajuk Dumbeg.

Dumbeg merupakan kudapan ringan khas kota Blora yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang nantinya disajikan dengan balutan daun lontar dari pohon siwalan. Meski menjadi kudapan khas, cukup sulit menemukan kudapan ini lho.

Pasalnya kudapan bercitarasa manis dan legit ini hanya dapat ditemukan dan dinikmati di acara-acara tasyakuran hasil panen dan acara-acara budaya tertentu lainnya saja. Maka tak heran jikalau citarasa yang disuguhkan kental sekali dengan nilai sejarah tersendiri.

Oleh karena itu tunggu apalagi, segera ajak seluruh anggota keluarga Anda liburan ke Blora saat musim liburan tiba. Pilih dan tentukan sejak dini destinasi wisata mana saja yang hendak Anda sambangi. Selamat berlibur dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!