Tempat Wisata di Bengkulu

Kota Bengkulu di Indonesia bagian barat ini rasanya tak ada habisnya menyuguhkan potensi wisata yang layak untuk disambangi saat masa liburan tiba. Kota yang berada di bagian barat daya Provinsi Sumatra ini memang populer dengan suguhan pariwisatanya yang membuat kagum siapapun yang melihatnya. Mulai dari deretan pantai yang elok nan menawan, jejeran gunung yang ditumbuhi bunga Raflesia arnoldi, luasnya danau yang menyuguhkan pesona baharinya hingga segudang destinasi wisata Bengkulu lainnya yang syarat akan nilai sejarah dan edukasi.

Mengingat Bengkulu merupakan wilayah ibukota Provinsi Sumatra, tak heran jika pemerintah yang dibantu oleh segenap masyarakat setempat berupaya untuk terus mengembangkan potensi pariwisata diberbagai sektor untuk menarik minat wisatawan bertandang ke Bengkulu untuk berlibur. Hal tersebut tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi traveler yang mana mereka cenderung mudah mencari tempat hangout di Bengkulu tanpa harus melakukan perjalanan yang jauh.

Nah supaya aktivitas jalan-jalan ke Bengkulu Anda semakin mudah dan menyenangkan, kami memiliki sederet rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang mana dapat Anda jadikan referensi tatkala bingung memilih dan menentukan spot mana yang hendak di tuju. Maka dari itu tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Tempat Wisata di Bengkulu Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Pantai Linau

Pantai Linau - Tempat Wisata Di Bengkulu
Pantai Linau – Sumber foto @oktarifans

Tahukah ternyata Bengkulu menyimpan perairan jernih nan biru bak kaca yang terdapat di Jalan Lintas Barat, Linau Maje, Kaur, Bengkulu. Wisata alam Bengkulu yang memiliki kontur landai ini hadir dengan air yang sangat jernih. Keadaan ini semakin elok tatkala berpadu dengan hamparan pasir coklat serta deburan ombak setinggi 3 meter yang kerap kali menyapu pesisir pantai.

Tak hanya bermain air, namun Anda juga diijinkan untuk memancing dan membawa pulang hasil tangkapan tanpa dikenakan biaya tambahan. Namun sebelum melakukan aktivitas tersebut, Anda diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp. 5000 terlebih dahulu. Nah murah banget bukan?

Pulau Tikus

Pulau Tikus - Tempat Wisata Di Bengkulu
Pulau Tikus – Sumber foto @feriihardii

Selain pantai, Bengkulu juga menyuguhkan spot wisata bahari lainnya bertajuk Pulau Tikus yang berada di Indian Ocean, Ratu Agung, Bengkulu. Meskipun ongkos masuk objek wisata Bengkulu ini sedikit mahal yaitu Rp. 100.000-Rp. 200.000, nyatanya setiap tahun statistik wisatawan yang semakin bertambah banyak.

Hal ini tak lain dan tak bukan adalah berkat pesona alam bawah lautnya yang eskotis dan mempesona. Untuk menjangkau lokasi wisata ini setidaknya Anda harus menempuh perjalanan selama 1 jam menggunakan kapal dari pantai Jakat.

Danau Biru

Danau Biru - Tempat Wisata Di Bengkulu
Danau Biru – Sumber foto @weni_leasing

Sesuai namanya, tempat rekreasi di Bengkulu yang berada di wilayah Kosong, Kosong, Bengkulu ini menyuguhkan pesona danau yang terbagi menjadi empat bagian yang mana keseluruhan kawasan berwarna biru. Danau yang terbentuk dari bekas penambangan batu bara ini menyuguhkan air yang segar nan jernih ditambah dengan suasananya yang sejuk dan asri membuat betah berlama-lama berada di Danau Biru ini. Untuk menjangkau objek wisata gratis ini setidaknya Anda harus menempuh perjalanan 1 jam lamanya perjalanan darat.

Danau Tes

Danau Tes - Tempat Wisata Di Bengkulu
Danau Tes – Sumber foto @etehyuyun

Danau Tes merupakan tempat nongkrong di Bengkulu yang pas untuk melepas penat dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Danau terbesar di Bengkulu yang terbentang antara dua dusun ini menjadi objek wisata gratis kebanggaan masyarakat Bengkulu yang selalu ramai pengunjung saat masa liburan tiba.

Lokasinya yang dikelilingi hutan membuat pemandangan dan suasana di kawasan ini nampak asri dan sejuk. Spot wisata yang berada di Lebong Selatan, Lebong, Bengkulu ini juga menyuguhkan indahnya burung-burung endemik Bengkulu yang berterbangan. Tentunya akan semakin menambah ketenangan dalam jiwa.

Curug Embun

Curug Embun - Tempat Wisata Di Bengkulu
Curug Embun – Sumber foto @yohanessigitscj

Hanya dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5000 saja Anda sudah bisa menikmati pesona air terjun setinggi 100 meter yang berada di Tapak Gedang, Tebat Karai, Kepahiang, Bengkulu ini dengan puas. Air terjun berdebit sedang yang mengalir di bebatuan pegunungan ini nantinya bermuara di satu kolam besar dengan air yang jernih dan segar. Didukung dengan suasana yang alami dan asri berkat deretan pepohonan yang mengelilinginya, tak heran jikalau saat masa liburan tiba air terjun di Bengkulu ini selalu ramai dipadati pengunjung.

Air Terjun Kepahiang

Air Terjun Kepahiang - Tempat Wisata Di Bengkulu
Air Terjun Kepahiang – Sumber foto @mei_sindi

Explore Bengkulu tak lengkap rasanya jikalau belum meluangkan waktu sejenak untuk bertandang ke spot wisata air terjun Anggun yang berada di Karang Endah, Kapahiang, Bengkulu ini. Objek wisata gratis yang berada di tengah hutan ini menyuguhkan pesona air terjun dengan debit sedang yang bermuara di kolam besar lengkap dengan bebatuan besar yang membuatnya semakin nampak cantik.

Sembari menikmati pemandangan dan suasanannya yang alami, Anda juga dapat memanfaatkan perbatasan antar pohon sebagai sanggahan hammock untuk bersantai serta menjadikan deretan bebatuan besar sebagai spot untuk berswafoto bersama dengan teman ataupun keluarga tercinta.

Bukit Kaba

Bukit Kaba - Tempat Wisata Di Bengkulu
Bukit Kaba – Sumber foto @adhekrf

Perbukitan yang berada di Sambirejo, Selupu Rejang, Rejang Lebong, Bengkulu yang memiliki luas 13.940 hektar ini sebenarnya adalah wilayah pegunungan yang memiliki ketinggian 1937 mdpl.

Bukan hanya menjadi incaran para pendaki gunung untuk menyalurkan hobinya saja, namun pegunungan yang masih memiliki suasana yang asri dan alami ini juga digunakan sebagai tempat pembudidayaan bunga Raflesia Arnoldi.

Tempat wisata di Bengkulu yang sudah dilengkapi dengan fasilitas menarik ini hanya membandrol retribusi sebesar Rp. 2500 saja setiap orangnya.

Lubang Kacamata

Lubang Kacamata - Tempat Wisata Di Bengkulu
Lubang Kacamata – Sumber foto @imandermawan

Sebelum menjadi obyek wisata Bengkulu yang bersejarah, dulunya kawasan ini merupakan pertambangan emas dan perak peninggalan Belanda. Gua seluas 1 meter yang berbentuk kacamata ini menyuguhkan ornamen dinding gua yang berwarna putih lengkap dengan tetesan air mengalir disela-sela bebatuan yang membuat suasana di dalam gua ini sangat dingin. Nah dari gua ini Anda dapat menikmati pesona pemandangan deretan pegunungan yang ada di Bengkulu.

Arung Jeram Sungai Ketahun

Arung Jeram Sungai Ketahun - Tempat Wisata Di Bengkulu
Arung Jeram Sungai Ketahun – Sumber foto @lebong_rafting

Bercengkrama dengan alam sembari menguji adrenalin melalui wahana permainan arung jeram? Silahkan bertandang ke Desa Pelabuhan Talang, Lebong, Bengkulu. Objek wisata baru yang dikelola oleh Komunitas Jeram Lebong ini memanfaatkan debit arus sungai Ketahun yang sangat pas untuk bermain arung jeram. Nah bagi Anda yang ingin mencicipi wahana permainan ini cukup membayar Rp. 320.000 saja.

Pemandian Air Panas Suban

Pemandian Air Panas Suban - Tempat Wisata Di Bengkulu
Pemandian Air Panas Suban – Sumber foto @tomyarifma

Tempat wisata di Bengkulu yang berada di Kota Curup, Rajang Lebong ini merupakan kolam pemandian air panas yang berasal dari sumber mata air alami yang dialirkan melalui pipa dan bambu. Konon air di pemandian ini dapat menyembuhkan penyakit kulit, pegal linu hingga rematik.

Letaknya yang berada di tengah perbukitan, tak heran jikalau tempat wisata ini bukan hanya menyuguhkan pesona alam yang ekotis namun juga air terjun yang menawan setinggi 50 meter. Nah untuk menikmati segarnya mandi di kolam pemandian air panas ini Anda hanya diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

Nah itulah tadi ulasan mengenai 10 objek wisata di Bengkulu yang dapat kami informasikan untuk seluruh pembaca yang budiman. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk menentukan spot tujuan destinasi wisata ketika di Bengkulu. Selamat berlibur dan jangan lupa share ya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!