Tempat Wisata di Belitung

Belitung merupakan salah satu provinsi yang tergabung di wilayah teritorial Negara Republik Indonesia yang terbentuk dari gabungan dua pulau yaitu Bangka dan Belitung. Kawasan kepulauan yang memiliki 470 buah pulau ini memang populer dengan suguhan wisata baharinya yang eksotis dan menawan. Berkat hal tersebut tak heran jikalau sejak tahun 2018 silam pemerintah sudah berupaya untuk mengembangkan seluruh potensi pariwisata di Belitung menjadi tempat wisata di Belitung yang layak untuk dieksplor.

Jangan heran ketika Anda sedang mengitari deretan objek wisata di Belitung, di tengah perjalanan seringkali menjumpai kelenteng yang berdiri megah di beberapa wilayah. Selain menjadi tempat wisata religi di Belitung, deretan kelenteng tersebut digunakan oleh sebagian penduduknya untuk beribadah. Perlu Anda ketahui bahwasannya 20% dari jumlah populasi penduduk di Provinsi Belitung berasal dari etnis China. Hal tersebut membuat kawasan kepulauan penghasil timah terbesar di Indonesia ini dipenuhi bangunan kelenteng megah.

Meski terkenal dengan pesona wisata baharinya yang elok, bukan berarti sektor pariwisata di bidang lainnya terabaikan. Justru destinasi wisata Belitung mampu menyuguhkan spot wisata yang unik dan berbeda serta mampu memberikan pengalaman baru bagi setiap wisatawan saat melakukan travelling.

Oleh karenannya bagi Anda yang hendak jalan-jalan di Belitung di masa liburan yang akan datang, tak ada salahnya untuk mencari referensi objek wisata sejak dini supaya mampu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Tak perlu berlama-lama lagi berikut 7 tempat wisata di Belitung terbaik saat liburan tiba.

Tempat Wisata Di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas - Tempat Wisata di Belitung
Pulau Lengkuas – Sumber foto @travelwithsaws

Belitung memang populer dengan suguhan wisata baharinya yang mempesona, yang mana hal tersebut dapat memudahkan Anda untuk mencari spot wisata bahari yang elok tatkala explore Belitung. Nah salah satu potensi wisata bahari yang layak dieksplor ketika bertandang ke Belitung adalah Pulau Lengkuas.

Pulau yang berada di Kecamatan Sajuk, Belitung, Bangka Belitung ini bukan hanya menyuguhkan panorama keindahan alam kota Belitung yang menakjubkan saja, namun di pulau ini Anda juga dapat menyaksikan deretan pantai-pantai di wilayah Belitung dari atas mercusuar kuno yang sudah sudah ada sejak masa pemerintahan Belanda tahun 1882 silam.

Keberadaan bangunan kuno berupa mercusuar di tengah-tengah pulau ini memang menjadi daya tarik dan keistimewaan tersendiri yang dimiliki oleh Pulau Lengkuas. Nah sebelum menikmati seluruh suguhan yang ditawarkannya, Anda diwajibkan membayar Rp. 50.000 terlebih dahulu sebagai biaya retribusi.

Pantai Tanjung Kalayang

Pantai Tanjung Kalayang - Tempat Wisata di Belitung
Pantai Tanjung Kalayang – Sumber foto @wahyuarbn

Berkat keistimewaan dan keunikan yang ditawarkan pantai Tanjung Kalayang di Desa Tanjung Tinggi, Sijuk, Belitung ini menjadi potensi pariwisata Belitung yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat. Pantai yang terbagi atas dua bagian ini menyuguhkan panorama yang berbeda disetiap bagiannya.

Disisi bagian barat Anda akan disuguhkan dengan gugusan batu granit yang sangat fotogenik, sedangkan pada sisi sebelah timur Anda akan ditawarkan dengan sajian hamparan pasir putih yang nampak bersih dan indah.

Selain itu, wisata alam Belitung yang dibandrol dengan tarif masuk Rp. 8000 ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari tenggelam. Tak heran jikalau saat senja tiba, kawasan ini mulai dipadati masyarakat setempat untuk sekedar nongkrong sembari menikmati suasana dan view yang disuguhkan.

Museum Kata

Museum Kata - Tempat Wisata di Belitung
Museum Kata – Sumber foto @lviaozz_

Tempat liburan di Belitung tidak hanya melulu menyuguhkan pesona wisata alamnya yang membuat decak kagum saja. Namun kota laskar pelangi ini juga menyimpan spot wisata yang sarat akan nilai sejarah dan edukasi yang bertajuk Museum Kata. Museum Literature pertama di Indonesia yang digagas oleh Andrea Hirata ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak di Desa Gantong untuk membangkitkan semangat untuk mengembangkan potensi seni yang dimilikinya.

Seiring dengan berjalannya waktu kini museum yang berada di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung ini menjelma menjadi tempat wisata di Belitung yang sangat inspiratif. Pasalnya hanya dengan membayar Rp. 50.000 saja Anda sudah dapat menyaksikan film laskar pelangi serta koleksi cerpen yang dikarang oleh Andrea Hirata secara langsung.

Danau Kaolin

Danau Kaolin - Tempat Wisata di Belitung
Danau Kaolin – Sumber foto @avrilaviw

Sebelum menjelma menjadi danau yang eksotis dan menawan, dulunya kawasan ini merupakan wilayah pertambangan timah terbesar di Belitung. Hingga pada akhirnya aktivitas tersebut terhenti dan hanya menyisakan bekas galian yang telah tergenangi oleh air berwarna biru tosca.

Hadir dengan paduan tebing galian berupa garis-garis putih yang nampak seperti bukit indah membuat wisata Tanjung Pandan ini menjadi incaran para fotografer yang hendak menyalurkan hobinya. Nah bagi Anda yang ingin melihat pesona Danau Kaolin sembari berswafoto silahkan bertandang ke Desa Air Raya, Tanjung Pandang Belitung dengan membayar Rp. 10.000 sebagai retribusi tiket masuk.

Bukit Berahu

Bukit Berahu - Tempat Wisata di Belitung
Bukit Berahu – Sumber foto @noviajayanti

Ingin mencari tempat nongkrong di Belitung yang pas untuk melepas penat dan lelah dari kegiatan sehari-hari? Bukit Berahu adalah jawabannya. Objek wisata yang menerapkan paduan bungalow dan villa ini menyuguhkan pemandangan yang indah berlatarkan pantai Tanjung Tinggi lengkap dengan hamparan pasir putih bersihnya serta suasana yang sejuk nan asri.

Meski untuk menjangkau pantai tersebut Anda harus menuruni anak tangga sebanyak 97 buah, namun perasaan lelah seketika akan terbayarkan dengan sentuhan lembut air pantai nan biru dan bersih.

Mengingat objek wisata Belitung ini cocok sebagai tujuan plesiran bersama keluarga, tak ada salahnya jikalau Anda menjadikan spot yang terletak di Jl. Bugis, Tanjung Binga, Sijuk, Belitung ini sebagai tujuan destinasi wisata. Jangan lupa siapkan uang Rp. 10.000 sebagai biaya tiket masuk.

Pulau Pasir

Pulau Pasir - Tempat Wisata di Belitung
Pulau Pasir – Sumber foto @ningrumsekarjati

Sesuai namanya, Belitung tempat wisata yang berada di Belitung ini menyuguhkan pesona dataran yang hanya diisi oleh hamparan pasir putih nan bersih. Uniknya pulau pasir yang dapat dijangkau menggunakan boad tradisional ini hanya mampu terlihat apabia air laut sedang berada di masa surut saja.

Oleh karenanya ketika Anda hendak bertandang ke spot wisata ini alangkah lebih baiknya jikalau sesuaikan dengan waktu ketika mendekati masa surut supaya perjalanan Anda tak sia-sia. Untuk memasuki pulau ini tak ada biaya khusus yang harus dikeluarkan, namun biasanya Anda akan dikenakan biaya sewa boad tradisional dengan tarif sukarela.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi - Tempat Wisata di Belitung
Pantai Tanjung Tinggi – Sumber foto @ganiabdilah

Tempat wisata paling populer yang berada di Desa Ciput, Sijuk, Belitung ini menyuguhkan pesona wisata bahari yang indah lengkap dengan hamparan pasir putih serta deretan bebatuan granit yang berukuran besar di tepian pantainya. Nah karena elok nan indahnya panorama yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Tinggi ini membuatnya menjadi latar untuk pembuatan film laskar pelangi beberapa tahun lalu. Jangan lupa siapkan uang Rp. 10.000 sebagai retribusi tiket masuk dan ajak seluruh keluarga Anda menyambangi pantai ini.

Nah itulah tadi 7 tempat wisata di Belitung yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekaligus memberikan solusi bagi Anda ketika bingung menentukan spot wisata mana yang wajib dijelajahi ketika bertandang ke kota Laskar Pelangi ini. Selamat berlibur dan jangan lupa share artikel ini bila bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!