Tempat Wisata di Banyuwangi

Bukan hanya Malang, ternyata provinsi Jawa Timur juga menyimpan sederet kota-kota populer lainnya yang memiliki potensi wisata yang layak untuk dieksplor. Nah salah satu kota yang wajib untuk dijelajahi ketika berkunjung ke Jawa Timur adalah Banyuwangi. Kota yang terletak di bagian ujung timur pulau Jawa ini terbilang memiliki potensi wisata yang cukup bagus untuk dijelajahi secara mendalam. Bahkan sederet potensi wisata yang ada di Banyuwangi pun tak kalah populer dengan suguhan spot wisata di kota-kota di Jawa lainnya lho.

Nah bagi Anda yang hendak berlibur ke kota Banyuwangi dan mencari spot wisata terbaik, barangkali deretan destinasi wisata Banyuwangi ini mampu Anda jadikan sebagai referensi. Lalu mana sajakah tempat wisata di Banyuwangi yang layak untuk dieksplor? Tak perlu berlama-lama lagi langsung saja inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda yang mungkin liburan nanti pengen kesana.

Tempat Wisata di Banyuwangi yang Layak untuk Dieksplor

Teluk Hijau

Teluk Hijau - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Teluk Hijau – Sumber foto @kakijomblo

Sesuai namanya, wisata alam Banyuwangi yang menyuguhkan eksotisnya pesona bahari ini tampil dengan air berwarna biru kehijau-hijauan yang berasal dari sekumpulan alga yang tumbuh subur di dasar pantai. Tak hanya itu, spot wisata yang berada di Sarongan, Pesanggrahan, Banyuwangi ini juga menyajikan deretan batuan karang yang sangat fotogenik, tak heran jika saat masa liburan tiba kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah. Untuk menikmati suguhan pesona ini Anda cukup membayar Rp. 7500 setiap orangnya.

Watu Dodol

Watu Dodol - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Watu Dodol – Sumber foto @anandamhrdhk

Jalan-jalan ke Jl. Situbondo, Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi jangan lupa mampir sejenak ke objek wisata Banyuwangi bertajuk Watu Dodol ini. Yup, spot wisata yang dibandrol dengan tarif masuk sebesar Rp. 2500 ini menyuguhkan pesona batu besar setinggi 10 meter yang diimbangi dengan pesona pemandangan alam bahari yang menakjubkan. Lokasinya yang berada di tepi jalan Pantura membuatnya mudah dijangkau bagi pelancong yang hendak beristirahat sejenak.

Pantai Boom

Pantai Boom - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Pantai Boom – Sumber foto @egafresita010112

Bukan hanya sekedar menjadi tempat rekreasi di Banyuwangi terfavorit saja, namun spot wisata bertajuk Pantai Boom ini juga menjadi icon dari kota Banyuwangi yang selalu ramai diburu banyak wisatawan dari berbagai daerah. Lokasinya yang berada di Kampung Mandar, Banyuwangi menjadikan kawasan wisata ini mudah sekali untuk diakses dan dijangkau oleh kendaraan pribadi.

Saat senja tiba, spot wisata yang dipatok dengan tarif masuk Rp. 2000 ini selalu dipadati pengunjung untuk menyaksikan pesona matahari tenggelam yang berpadu dengan suasana Pantai Boom yang menyenangkan sembari duduk santai di kursi yang telah disediakan pengelola. Wah pasti asik banget bukan?

Desa Osing

Desa Osing - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Desa Osing – Sumber foto @beautybackpacker

Ingin explore Banyuwangi yang kental dengan nilai sejarah dan kebudayaan yang masih turun temurun? Desa osing adalah jawabannya. Desa yang terletak di Kemiren, Glagah, Banyuwangi ini bukan hanya menyuguhkan sederet tradisi turun temurun yang masih dilestarikan saja, namun dengan membayar Rp. 5000 Anda juga bisa menyaksikan secara langsung rumah adat yang mengusung konsep gaya osing yang ditandai dengan keberadaan kepala burung bouraq di bagian pintunya.

Air Terjun Lider

Air Terjun Lider - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Air Terjun Lider – Sumber foto @dwidhimas

Penat dengan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari yang melelahkan? Barangkali liburan ke Banyuwangi sembari bercengkrama dengan alam di Air Terjun Lider ini menjadi solusi yang pas untuk Anda. Spot wisata yang menyuguhkan pesona gemericik air terjun setingggi 60 meter ini dibekali dengan suasana yang asri dan sejuak berkat lokasinya yang berada di lereng pegunungan dan hutan lindung.

Meskipun lokasinya sulit dijangkau, namun sesampainya di lokasi wisata yang berada di Sumberartum, Snggon, Banyuwangi ini rasa lelah Anda akan lunas terbayarkan dengan suguhan pesonannya. Nah untuk menikmati suguhannya Anda diwajibkan membayar Rp. 5000 sebagai biaya retribusi tiket masuk.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Pantai Sukamade – Sumber foto @rodjonogo

Keliling obyek wisata Banyuwangi tak lengkap rasanya jikalau belum menyempatkan waktu untuk bertandang ke Pantai Sukamade. Objek wisata gratis yang berada di Sarongan, Pesanggaran ini merupakan triangle diamonds yang masih memiliki keterikatan dengan G-Land dan Gunung Ijen. Selain itu, jika beruntung Anda juga akan disuguhkan dengan sekumpulan penyu yang hendak bertelur serta flora dan fauna unik lainnya.

Kawah Ijen

Kawah Ijen - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Kawah Ijen – Sumber foto @hallonat_

Siapa yang tak kenal dengan kawah ijen? Ya tempat wisata di Banyuwangi paling populer yang berada di Taman Nasional Baluran ini menjadi destinasi wisata wajib yang harus disambangi ketika berlibur ke Banyuwangi.

Gunung berapi yang masih aktif dengan pesona kawah yang berwarna hijau kebiruan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bahkan tak jarang terdapat fenomena Blue Fire yang berpadu dengan indahnya pesona bunga edelweiss membuat betah berlama-lama di spot wisata ini. Untuk menikmati seluruh pesonannya Anda cukup membayar Rp. 7500 saja.

Mirah Fantasia

Mirah Fantasia - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Mirah Fantasia – Sumber foto @syaila_3

Mirah fantasia merupakan tempat wisata baru Banyuwangi yang berlokasi tepat dipinggir pantai. Objek wisata ramah lingkungan yang berada di Jl. Karimun Jawa No. 81, Banyuwangi ini menyuguhkan pesona taman satwa yang telah dilengkapi dengan beraneka macam jenis satwa yang jinak. Bahkan spot wisata yang membandrol tariff masuk Rp. 15.000 tersebut juga telah dilengkapi dengan kolam renang yang terbagi untuk anak-anak dan dewasa.

Taman Blambangan

Taman Blambangan - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Taman Blambangan – Sumber foto @falihwida

Taman Blambangan merupakan alun-alun yang digunakan oleh kawula muda serta masyarakat sekitar sebagai salah tempat nongkrong di Banyuwangi terfavorit. Berbeda dengan alun-alun pada umumnya, kawasan yang berada di Kepatihan, Banyuwangi ini dilengkapi dengan arena untuk bermain bola, skateboard serta arena untuk bermain baket.

Tak hanya itu saja, wilayah yang kini menjelma menjadi destinasi wisata ini juga kerap digunakan sebagai tempat pagelaran seni dan budaya masyarakat Banyuwangi. Hal ini tak lain dan tak bukan adalah berkat suguhan segala fasilitas-fasilitas yang dimilikinya.

Pura Agung Blambangan

Pura Agung Blambangan - Tempat Wisata Di Banyuwangi
Pura Agung Blambangan – Sumber foto @thoegoezt

Meskipun populer dengan destinasi wisata bertajuk lingkungan alam sekitar dan wisata bahari yang menakjubkan, nyatanya Banyuwangi memiliki spot wisata religi yang bisa Anda sambangi untuk menambah pengetahuan serta wawasan, salah satunya yaitu Pura Agung Blambangan. Bangunan bersejarah yang berdiri kokoh di tanah seluas 1 hektar ini merupakan peninggalan kerajaan Blambangan yang kerap digunakan umat Hindu ketika merayakan hari-hari besar keagamaan.

Oleh karenannya tak heran jikalau sebelum memasuki spot wisata yang berada di wilayah Blambangan, Muncar, Tembokrejo, Banyuwangi ini semua pengunjung diharapkan untuk memakai selendang terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghormati para leluhur serta umat Hindu yang sedang menunaikan ibadah.

Bagaimana apakah Anda berminat menjadika Banyuwangi sebagai tujuan plesiran Anda selanjutkan saat akhir pekan atau masa liburan tiba nanti?

Nah itulah tadi ulasan menarik seputar 10 tempat wisata di Banyuwangi yang layak untuk dieksplor ketika bertandang ke Jawa Timur khususnya kota Banyuwangi sendiri. Semoga artikel ini dapat member referensi serta manfaat bagi Anda ketika bingung menentukan tempat hunting di Banyuwangi mana yang hendak disambangi. Selamat berlibur dan jangan lupa share ya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!