Tempat Wisata di Banjarmasin

Belum lengkap rasanya jikalau plesiran ke Provinsi Kalimantan Selatan tidak meluangkan waktu sejenak berkunjung ke kota Banjarmasin. Yup, wilayah yang mendapat julukan kota Seribu Sungai ini setidaknya memiliki 25 buah pulau kecil yang terbagi atas sungai-sungai besar. Tak heran jikalau julukan tersebut melekat erat dengan kota yang ditengarai sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

Kota dengan statistik jumlah penduduk yang padat ini bukan hanya gancar mengembangkan potensi di sektor administrasi, perdagangan, pelabuhan dan pendidikan saja. Namun potensi di sektor pariwisata yang dimiliki Banjarmasin juga ikut digalakkan menjadi tempat wisata di Kalsel terpopuler. Banyak potensi wisata Banjarmasin yang layak diekspor, bahkan beberapa spot wisata tersebut tergolong ke dalam objek wisata Banjarmasin paling terbaru.

Nah bagi yang berminat melancong di kota Seribu Sungai ini, setidaknya ada 9 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib Anda sambangi. Penasaran mana saja spot wisata populer tersebut? Inilah penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Tempat Wisata di Banjarmasin Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Pantai Jodoh

Pantai Jodoh - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Pantai Jodoh – Sumber foto @primadiani_putri

Anda belum memiliki pacar alias jomblo? Coba saja sambangi Pantai Jodoh yang berada di Jalan Jendral Sudirman ini. Masyarakat sekitar percaya konon objek salah satu wisata alam di Banjarmasin terfavorit bagi anak muda ini mampu memberi jodoh bagi pengunjungnya yang belum memiliki pasangan.

Namun terlepas dari segala mitos yang mengiringinya, Pantai Jodoh ini terbilang sebagai pantai yang unik berkat pesona pemandangannya yang eksotis. Bahkan spot wisata gratis di Banjarmasin ini juga kerap dijadikan spot favorite kawula muda saat menyaksikan keajabikan matahari tenggelam saat senja tiba.

Air Terjun Bajuin

Air Terjun Bajuin - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Air Terjun Bajuin – Sumber foto @ulvahssi_zerotwoeight

Obyek wisata Banjarmasin yang juga dijadikan sebagai kawasan ekowisata ini bukan hanya menyuguhkan gemericik air terjun yang terbagi menjadi 3 tingkatan yang berbeda saja. Namun Anda juga akan disuguhi oleh beberapa jenis burung dan tanaman anggrek yang hidup bebas dihabitatnya.

Perpadu dengan suasananya yang sejuk dan asri berkat lokasinya yang berada di kawasan gunung Maratus membuat tempat liburan di Banjarmasin satu ini selalu dipadati pengunjung saat masa liburan tiba. Nah jikalau Anda berminat mengunjungi spot wisata ini silahkan bertandang ke Desa Sungai Bakar, Bajuin, Pelaihari, Banjarmasin dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 saja.

Taman Wisata Alam Pulau Bakut

Taman Wisata Alam Pulau Bakut - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Taman Wisata Alam Pulau Bakut – Sumber foto @ab1e7a

Salah satu pulau kecil yang kini menjelma menjadi spot wisata populer dan hits di Banjarmasin adalah Pulau Bakut. Pulau seluas 18 hektar yang berada di Marabahan Baru, Anjir Muara, Banjarmasin ini menyuguhkan pesona flora dan fauna yang sudah adaptif dengan pasang surut air laut.

Meskipun untuk menjangkaunya harus menempuh jalur laut selama 1,5 jam perjalanan menggunakan perahu motor, namun tempat rekreasi Banjarmasin yang membandrol tiket masuk sebesar Rp. 5000 ini selalu berhasil memikat banyak wisatawan. Penasaran kan? Langsung saja kunjungi destinasinya.

Pasar Terapung Muara Kuin

Pasar Terapung Muara Kuin - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Pasar Terapung Muara Kuin – Sumber foto @mrs.dwijayanti

Plesiran ke Banjarmasin, tak lengkap rasanya jikalau belum meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pasar Terapung Muara Kuin. Pasar tradisional yang sudah beroperasi sejak 400 tahun yang lalu ini merupakan pasar apung tertua yang ada di Indonesia. Kawasan yang menjual kebutuhan kaum urban ini kini bukan hanya sekedar pusat perbelanjaan saja melainkan juga sudah menjadi destinasi wisata Banjarmasin yang unik dan menarik.

Nah jikalau Anda berminat merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung ini silahkan bertandang ke Jl. Kuin Utara, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat dengan membayar tiket masuk Rp. 60.000 – Rp. 80.000. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa kelotok yang dapat Anda gunakan mengitari pasar apung ini.

Pulau Kembang

Pulau Kembang - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Pulau Kembang – Sumber foto @lintang.puspa

Pulau Kembang menjadi tempat menarik di Banjarmasin berikutnya yang wajib disambangi. Pulau yang berada di Sungai Barito, Alalak, Banjarmasin ini dijadikan sebagai habitat monyet dan berbagai jenis burung. Objek wisata yang dibandrol dengan tarif masuk sebesar Rp. 5000 – Rp. 7500 ini tak hanya menyuguhkan kumpulan monyet dan burung yang hidup bebas dihabitat aslinya saja, namun Amda juga disuguhkan dengan bangunan kuil dan altar yan dilengkapi dengan arca berbentuk monyet. Saat acara-acara perayaan tertentu kaum tionghoa kuil ini sering menjadi saranan untuk meletakkan sesaji-sesajinya.

Wisata Susur Sungai

Wisata Susur Sungai - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Wisata Susur Sungai – Sumber foto @imis.bule

Selain digunakan untuk mendukung aktivitas masyarakat sekitar, kini keberadaan Sungai Martapura juga telah disulap menjadi tempat wisata di Banjarmasin andalan. Meskipun hanya aktivitas liburan sederhana menyusuri Sungai Martapura menggunakan kelotok atau perahu kecil khas Kalimantan Selatan selama 5 menit, namun bagi sebagian orang liburan ini akan memberikan sensasi dan pengalaman berbeda. Nah untuk tiket masuk Anda akan dikenakan biaya Rp. 5000, yang mana biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa kelotok.

Pulau Kaget Asylum Margasatwa

Pulau Kaget Asylum Margasatwa - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Pulau Kaget Asylum Margasatwa – Sumber foto @tomi_friyanto

Bingung mencari tempat nongkrong di Banjarmasin yang unik dan berbeda dengan kawasan-kawasan lainnya? Pulau Kaget Asylum Margasatwa jawabannya. Destinasi wisata yang terletak di Banjarmasin ini Anda bukan hanya disuguhkan dengan sekawanan monyet berhidung mancung dan berbagai macam jenis burung yang hidup bebas di hutan Rambai pohon saja.

Namun terdapat beberapa gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai sembari melihat tingkah lucu kumpulan monyet ditengah suasana yang sejuk dan asri. Meskipun retribusi tiket masuk dan biaya sewa perahu sebagai akomodasi menuju ke pulau ini terbilang mahal yaitu sebesar Rp. 250.000, tetapi biaya yang Anda bayarkan tersebut sebanding dengan pesona yang disuguhkan.

Waterboom Pesona Modern

Waterboom Pesona Modern - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Waterboom Pesona Modern – Sumber foto @or.liana

Berkunjung ke waterboom bersama sanak keluarga memang menjadi pilihan yang pas ketika hendak mengisi waktu luang diakhir pekan. Sama layaknya waterboom di wilayah-wilayah lainnya, objek wisata di Banjarmasin ini juga dilengkapi dengan aneka wahana permainan air yang seru dan mengasyikan.

Bahkan sesekali terdapat fasilitas live music yang disediakan pengelola untuk menghibur pengunjung, supaya aktivitas liburannya semakin nyaman dan mengasyikan. Nah hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 45.000 – Rp. 60.000 saja Anda sudah dapat menikmati seluruh fasilitas di spot wisata yang berada di Jl. Ahmad Yani Km. 11, Ps. Kemis Kertak Hanyar, Banjarmasin ini.

Taman Budaya

Taman Budaya - Tempat Wisata Di Banjarmasin
Taman Budaya – Sumber foto @sjarafoeddin

Sesuai dengan namanya, taman budaya yang kini menjelma menjadi tempat wisata di Banjarmasin rekomended ini merupakan arena yang disediakan pemerintah setempat untuk menggelar acara atau kegiatan kreatifitas kebudayaan yang ada di Banjarmasin. Berkat hal tersebut tempat hunting di Banjarmasin yang gratis ini berada di Jl. Brigjen Hasan Basri No.2 Sungai Miai, Banjarmasin Utara ini sangat populer sekali dikalangan masyarakatnya.

Nah itulah tempat wisata di Banjarmasin yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Nah jikalau Anda berminat untuk menjadikan Banjarmasin sebagai kota tujuan destinasi wisata berikutnya, tunggu apa lagi silahkan ajak seluruh sanak saudara Anda untuk berkunjung dan melancong di kota Seribu Pulau ini sembari berfoto bersama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!