Midsomer Murders Seorang penggemar liburan yang suka menikmati tempat wisata baru yang belum banyak di explore orang, sehingga dapat mengambil gambar foto pembandangan yang bagus khususnya pada wisata alam dari sebagian besar destinasi wisata yang ada di Indonesia. Terlebih lagi jika berkesempatan mereview obyek wisata baru yang ada di beberapa tempat terpencil, tentu itu merupakan hal kesenangan saya.

Candi Plaosan

Candi Plaosan - Tempat Wisata Di Klaten

Mampir ke Klaten, wajib Anda coba berkunjung ke wisata Candi Plaosan. Klaten tidak hanya terdapat wisata umbul saja, tetapi ada situs bersejarahnya juga disana yang terkenal seperti salah satunya adalah Candi Plaosan. Candi ini memiliki bangunan yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan candi-candi lainnya di sekitar Klaten maupun Jogja.

Candi Plaosan ini dibuat oleh Rakai Pikatan, beliau adalah Raja dari Dinasti Syailendra yang membuatkan candi ini spesial untuk istrinya yang bernama Pramodyawardani yang berasal dari dinasti yang berbeda. Rakai Pikatan ini beragama Hindu, sedangkan Pramodyawardani beragama Budha, sehingga Candi Plaosan terbentuk dan memiliki ciri khas dari masing-masing agama.

Sehingga Candi Plaosan ini menyatukan perbedaan yang ada antara Raja Rakai Pikatan dengan Pramodyawardani. Bahwa kekuatan cinta dapat menyatukan perbedaan dan dapat harmonis satu sama lainnya. Maka dari itu Candi Plaosan menjadi simbol bentuk toleransi antar umat beragama pada jamannya. Candi Plaosan terdapat 2 bagian bangunan, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor yang memiliki kemiripan. Berdasarkan relief yang ada di Candi Plaosan, menceritakan perjalanan cinta Raja Rakai Pikatan dengan Pramodyawardani. Konon banyak yang tidak mengetahui kisahk cinta dibalik berdirinya Candi Plaosan, mungkin karena banyak kisah cinta yang lebih populer di balik berdirinya Candi yang ada seperti Candi Prambanan. Perbedaan dari kedua candi yang letaknya tidak begitu jauh tersebut adalah antara cinta yang sempurna yang ada dari berdirinya Candi Plaosan dan cinta yang bertepuk sebelah tangan dari berdirinya Candi Prambanan.

Tidak hanya itu aja, ada peneliti yang beranggapan bahwa teras di bangunan utama Candi Plaosan dulunya digunakan sebagai tempat sembahyang Pramodyawardani, karena teras tersebut sangat halus dan tersusun rapi. Candi Plaosan juga sudah mengalami akulturasi dari agama Budha dan agama Hindu. Itulah mengapa candi ini dijadikan simbol toleransi antar umat beragama pada jamannya yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Lokasi Candi Plaosan

Lokasi Candi Plaosan dapat dengan mudah dicapai, karena berdekatan dengan Candi Prambanan. Candi Plaosan berdiri di desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa telusurinya menggunakan Maps dibawah ini.


Rute Menuju Candi Plaosan

Rute menuju Candi Plaosan dapat diakses dengan kendaraan besar, melalui jalan raya Jogja – Solo dan jalan Adisutjipto. Pada persimpangan Pasar Prambanan silakan lurus ketimur sampai melalui 2 lampu merah, lalu di Stasiun Brambanan belok ke kiri dan sekitar 2 KM berjalan lalu belok lagi ke kanan sekitar kurang dari 1 KM yang nantinya Anda akan sampai di lokasi Candi Plaosan.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan

Harga tiket masuk Candi Plaosan sangat murah, cukup membayar sebesar Rp 3.000,. Nominal tersebut tentu sangatlah murah dibandingkan Anda mendapatkan spot foto yang bagus di Candi Plaosan ini. Terlebih Anda jadi mengetahui sejarah berdirinya Candi Plaosan yang merupakan simbol romantis antara Raja Rakai Pikatan dengan Pramodyawardani. Untuk harga parkir kendaraan di Candi Plaosan dikenakan tarif yang beragam, untuk motor Rp 2.000 sedangkan untuk mobil Rp 5.000,.

Fasilitas Candi Plaosan

Fasilitas Candi Plaosan sudah sangat lengkap, wisatawan sudah bisa membaca sejarah dan info mengenai Candi Plaosan di Papan Informasi. Tersedianya tempat parkir yang cukup luas dan sudah terdapat toilet.

Itulah ulasan lengkap mengenai Candi Plaosan di Klaten yang merupakan salah satu tempat wisata di Klaten yang terkenal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel wisata lainnya di web ini.

Midsomer Murders Seorang penggemar liburan yang suka menikmati tempat wisata baru yang belum banyak di explore orang, sehingga dapat mengambil gambar foto pembandangan yang bagus khususnya pada wisata alam dari sebagian besar destinasi wisata yang ada di Indonesia. Terlebih lagi jika berkesempatan mereview obyek wisata baru yang ada di beberapa tempat terpencil, tentu itu merupakan hal kesenangan saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!